Illustrasi. Dok : PGN.
Illustrasi. Dok : PGN.

PGN Jajaki Ekspansi Bisnis Gas ke Filipina

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn)
Suci Sedya Utami • 14 Agustus 2019 19:31
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk atau PGN menjajaki peluang ekspansi bisnis gas ke Filipina. Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan tidak hanya ekspansi bisnis infrastruktur gas, subholding gas di bawah induk PT Pertamina (Persero) ini juga ingin menyuplai gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) ke negara Lumbung Padi tersebut.
 
"Saat ini PGN sedang menjajaki inisiasi pengembangan bisnis untuk infrastruktur LNG receiving terminal dan potensi suplai LNG, baik di dalam negeri maupun di negara-negara Asia Tenggara termasuk Filipina," kata Gigih di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Gigih mengatakan pihaknya telah mengirimkan letter of intent (LOI) dan sedang dalam tahap diskusi untuk menuju finalisasi. Jika tidak ada aral melintang, PGN berencana menggandeng mitra dari Filipina untuk menambah investasi serta berbagi risiko usaha.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam inisiasi bisnis ini, akan dilakukan joint partnership dengan pemain LNG lokal di Filipina maupun pemain LNG global untuk sharing investasi dan risiko dalam pengembangan bisnis ini," ujar dia.
 
Gigih menjamin rencana ekspansi bisnis ke luar negeri tidak akan menganggu rencana pengembangan bisnis domestik PGN. Sebab pasar gas di Asia Tenggara dan global sedang berkembang cukup baik. Hal tersebut dianggap sebagai peluang emas bagi PGN yang diproyeksi akan menguasai seluruh bisnis gas holding migas bahkan bisnis LNG yang dulu dikuasai Pertamina.
 
"Tidak sama sekali (menganggu pembangunan jargas). Peluang untuk bisnis gas di luar Indonesia juga sedang berkembang. Ini potensi bagi PGN Group untuk menangkap bisnis tersebut," kata Gigih.
 
Di dalam negeri, PGN pun memiliki target untuk membangun jaringan gas (jargas) hingga 4,7 juta sambungan rumah tangga hingga 2025. Halini sesuai amanat Peraturan Presiden No 6 Tahun 2019 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas bumi melalui Jaringan Transmisi dan/atau Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif