Ilustrasi kapal kargo pengangkut batu bara. Foto: Antara/Nova Wahyudi.
Ilustrasi kapal kargo pengangkut batu bara. Foto: Antara/Nova Wahyudi.

Beli Kapal Induk, Pelita Samudera Shipping Kejar Peluang Logistik

Ekonomi kapal
23 Mei 2019 01:30
Jakarta: PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) telah menuntaskan pembelian satu unit kapal induk kargo MV kelas Handysize senilai USD8 juta. Kapal pengangkut dengan kapasitas besar ini menjadi upaya Pelita Samudera Shipping untuk mengejar peluang logistik di Tanah Air.
 
"Pembelian ini untuk mengejar peluang logistik untuk pembangkit listrik domestik dan industri logam dan mineral," kata Imelda Agustina Kiagoes dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Adapun dana pembelian kapal kargo MV Dewi Regina Manggala ini menggunakan kas perseroan sebanyak 30 persen dan utang bank 70 persen. Untuk pengiriman perdana, kapal ini direncanakan akan mengangkut alumina di area Kalimantan Barat ke Sumatera Utara.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, jelas Imelda, perseroan punya lima kapal kargo kelas Handysize. Menurutnya, kepemilikan kapal-kapal induk kargo tersebut ditujukan perseroan untuk meningkatkan kebutuhan logistik Indonesia di sektor energi.
 
Saat ini, total kapasitas angkutan kapal induk yang dimiliki PSSI menjadi 205.552 deadweight tonnage (DWT). Pada periode yang sama tahun lalu, total kapasitas angkutan kapal PSSI hanya sebanyak 31 ribu DWT.
 
"Pencapaian kontrak time charter ini menunjukkan usaha perseroan untuk mengembangkan basis pelanggan dari batu bara ke sektor energi lainnya, termasuk mineral," tutup Imelda.
 

(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif