Illustrasi. MI/Panca S.
Illustrasi. MI/Panca S.

Empat Pembangkit PLN Gunakan CPO 100%

Ekonomi cpo
Suci Sedya Utami • 20 Februari 2019 16:37
Jakarta: PT PLN (Persero) pada tahun ini akan mengganti pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) existing menjadi berbahan baku minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) 100 persen.
 
Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengatakan untuk uji coba ada empat pembangkit yang akan diganti dengan menggunakan CPO. Keempat pembangkit tersebut memiliki kapasitas total sebesar 102 megawatt (MW).
 
"Target kita tahun ini untuk mengganti yang eksisting dengan CPO," kata Syofvi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Rabu, 20 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nama-nama pembangkit tersebut di antaranya PLTD Kanaan yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur dengan kapasitas 10 MW. PLTD Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan kapasitas 40 MW.
 
PLTD Suppa di Pare-Pare, Sulawesi Selatan dengan kapasitas 62 MW. Serta pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Jayapura Papua dengan kapasitas 10 MW.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan penggantian tersebut sebagai salah satu upaya untuk menekan impor migas terutama bahan bakar minyak (BBM).
 
"Kita ingin membantu upaya pemerintah dalam mengurangi impor migas," jelas Djoko.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif