Kendaraan yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung, Banten, Minggu (23/12). (FOTO; MI/Susanto)
Kendaraan yang rusak berat akibat hempasan gelombang tinggi teronggok di Resort Tanjung Lesung, Banten, Minggu (23/12). (FOTO; MI/Susanto)

Jonan Instruksikan Bantuan Pemulihan dan Kelistrikan Pascatsunami

Ekonomi kementerian esdm Tsunami di Selat Sunda
Annisa ayu artanti • 24 Desember 2018 13:11
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menginstruksikan Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM dan PT PLN (Persero) segera terjun ke lokasi bencana tsunami untuk membantu pemulihan, baik evakuasi maupun kondisi ketenagalistrikan.
 
"Saya instruksikan agar 17 ERT Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas," kata Jonan di Jakarta, Senin, 24 Desember 2018.
 
Di samping ERT, Jonan juga mengatakan pemulihan kondisi kelistrikan menjadi prioritas. Ia menginstruksikan agar Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dibagikan di wilayah terdampak bencana.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tim PLN segera pulihkan kondisi ketenagalistrikan, termasuk Provinsi Lampung serta pulau-pulau terpencil, juga bekerja sama dengan Ditjen EBTKE untuk pendistribusian LTSHE dan Ditjen Ketenagalistrikan. Sementara Badan Geologi terus suplai data dan informasi tentang vulkanologi ke BMKG dan instansi Pemerintah terkait," jelas Jonan.
 
Pascatsunami di Selat Sunda, ERT Siaga Bencana ESDM langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu pemulihan. Tim yang telah tiba di lokasi segera melakukan pemantauan dan melihat dampak yang ditimbulkan tsunami tersebut agar dapat menginformasikan kepada ERT Sektor ESDM.
 
Berdasarkan hasil asessment ERT Siaga Bencana ESDM yang lebih dahulu tiba di lokasi, diperoleh laporan bahwa area terdampak sangat luas. Oleh karena itu ERT ESDM Siaga Bencana diinstruksikan untuk segera bergabung.
 

 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi