Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

BUMN Bakal Bagi-Bagi Lapangan Pekerjaan di 35 Wilayah

Ekonomi bumn
Suci Sedya Utami • 04 Maret 2019 16:09
Jakarta: Berbagai badan usaha milik negara (BUMN) bakal memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya yang selama ini menganggur. Hal tersebut menjadi salah satu program yang dilakukan menjelang hari ulang tahun Kementerian BUMN bulan April mendatang.
 
Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo mengatakan program tersebut dinamakan padat karya tunai untuk satu juta jam kerja (cash for work one million man hours). Wahyu menjelaskan tujuan dari program tersebut untuk memberikan kontribusi pada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan.
 
"Nantinya satu juta man hours masyarakat melakukan kegiatan sosial atau padat karya misalnya membersihkan saluran air, sarana-sarana masyarakat seperti tempat ibadah, toilet, normalisasi saluran air, pengerasan jaan, renovasi sekolah, digitalisasi kampung penghijauan dan lain-lain," kata Wahyu di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahyu mengatakan program tersebut dilakukan di 35 wilayah dari Aceh hingga Papua yang ditangani oleh 35 BUMN seperti bank-bank yang tergabung dalam Himbara, kemudian Pertamina, Telkom, BUMN karya dan sebagainya.
 
Nantinya satu juta jam kerja tersebut akan dibagi untuk 35 wilayah tersebut, yang mana satu wilayah berarti memiliki 28-29 jam kerja. Ia mengatakan dalam sehari rata-rata orang bekerja selama delapan jam. Artinya ada tiga hingga empat hari kerja.
 
"Jadi kita memberikan pekerjaan dalam waktu tiga hari. Upahnya sesuai dengan upah minimum di daerah tersebut, jadi langsung diberikan setelah dia kerja," tutur Wahyu.
 
Dalam perayaan HUT kali ini, sinergi BUMN juga akan membuka 11 ribu lowongan kerja di mana 1.000 di antaranya diperuntukkkan bagi penyandang disabilitas. Kemudian promo retail dan online dari Maret hingga akhir April serta menyediakan satu juta paket pangan murah dengan harga Rp10 ribu yang berisi beras, gula, minyak goreng, garam dan sarden pada 1-13 April 2019.
 
Adapun agenda lainnya dalam memeriahkan HUT tahun ini yakni diadakan kegiatan BUMN Goes to Kampus. Nantinya para mahasiswa akan ditantang menjadi CEO dalam lomba bertajuk 'Andai saya jadi CEO'. Serta membuka kelas kreatif yang diikuti enam ribu peserta dan program magang bersertifikat bagi 10 ribu mahasiswa.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif