Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Impor Migas Tinggi Demi Jaga Pasokan Puasa-Lebaran

Ekonomi migas kementerian esdm
Suci Sedya Utami • 16 Mei 2019 06:48
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merespons masih tingginya impor minyak dan gas (migas) sepanjang April di tengah berbagai kebijakan untuk menekan impor secara signfikan. Adapun kondisi itu terjadi karena pemerintah berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat saat menjelang puasa dan Lebaran.
 
"Untuk Lebaran kan meningkat, untuk puasa dan Lebaran," kata Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Namun Djoko meyakini di bulan mendatang impor migas akan mencatatkan hasil yang lebih bagus dikarenakan akan ada penghentian impor BBM jenis solar dan Avtur. Untuk Avtur, Pertamina menyatakan sebenarnya sudah tidak lagi impor sejak April. Sedangkan Solar akan mulai disetop pasa bulan ini, Mei.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Impor bulan berikutnya bagus akan turun. Solar dan Avtur turun, crude juga turun impornya," tutur Djoko.
 
Sementara mengenai kinerja ekspor migas yang menurun, Djoko mengatakan, hal ini karena crude atau minyak mentah jatah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang biasanya diekspor, kini digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sehingga dijual ke Pertamina.
 
"Ekspor kurang karena digunakan untuk dalam negei," jelas Djoko.
 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) impor migas pada April mencapai USD2,2 miliar meningkat dibanding bulan sebelumnya yang sebesar USD1,5 miliar. Angka tersebut menyebabkan defisit migas tercatat sebesar USD1,5 miliar karena di sisi ekspor hanya bisa mencatatkan nilai USD741,9 juta.
 
Defisit migas tersebut lebih tinggi dibandingkan posisi tiga bulan sebelumnya Januari hingga Maret yang masing-masing sebesar USD421,9 juta, USD473,8 juta dan USD380,3 juta. Juga lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu yang sebesar USD1,15 miliar.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif