PLN Alirkan Listrik ke Warga Gili Gede di Hari Raya
Ilustrasi. (Foto: Antara/Agung Rajasa).
Jakarta: PT PLN (Persero) mengalirkan listrik ke Gili Gede yang terletak Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Selain menjadi hadiah Lebaran bagi masyarakat, aliran listrik ini diharapkan dapat mengembangkan potensi pariwisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Gili Gede.

Saat ini, Gili Gede dihuni sekitar 450 kepala keluarga merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki homestay bagi wisatawan.

Pembangunan jaringan untuk mengalirkan listrik ke Gili Gede dilakukan melalui Program Listrik Desa (Lissa). Untuk menyalurkan listrik dari Pulau Lombok ke Gili Gede, PLN membangun dua kabel laut berkapasitas 20 kilo Volt (kV) masing-masing sepanjang 2,4 kilometer sirkuit (kms).

Selain itu, PLN juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 3,64 kms, Jaringan Tegangan Rendah 6,64 kms, dan empat gardu dengan total kapasitas 520 kilo Volt Ampere (kVA). Total nilai investasi yang dikeluarkan oleh PLN untuk melistriki Gili Gede mencapai Rp19 miliar.

"Kami menyambungkan dua kabel sekaligus, satu sebagai cadangan jika terjadi gangguan. Selain itu, kalau pertumbuhan beban tinggi, kami juga tetap bisa penuhi," kata General Manager PLN Wilayah NTB Rudi Purnomoloka dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 15 Juni 2018.

Rudi menambahkan bahwa pembangunan jaringan untuk melistriki Gili Gede memiliki tantangan yang cukup berat, khususnya dalam pengangkutan peralatan kelistrikan. Pengangkutan dilakukan dengan cara tradisional, yaitu menggunakan tongkang sederhana yang ditarik kapal kayu.

"Hal ini membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati," ucap Rudi.

Dengan listrik yang ada saat ini, Rudi melanjutkan sekitar 196 rumah tersambung listrik. Sisanya rumah yang belum teraliri listrik akan dilanjutkan setelah Lebaran.



(AHL)