Djoko Rahardjo Abumanan ditunjuk sebagai Plt Direktur Utama PLN yang baru (kiri). (FOTO: dok PLN)
Djoko Rahardjo Abumanan ditunjuk sebagai Plt Direktur Utama PLN yang baru (kiri). (FOTO: dok PLN)

PLN Tunjuk Djoko Abumanan Jadi Plt Direktur Utama

Ekonomi pln kementerian bumn
Suci Sedya Utami • 29 Mei 2019 12:00
Jakarta: PT PLN (Persero) hari ini, Rabu, 29 Mei 2019 menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2019. Dalam agenda tersebut para pemegang saham menunjuk Djoko Rahardjo Abumanan sebagai pelaksana tugas direktur utama PLN.
 
Sebelumnya, plt dirut dijabat Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Muhammad Ali setelah Direktur Utama PLN yang sesungguhnya, Sofyan Basir, dinonaktifkan dari jabatannya karena harus menjalani proses hukum terkait kasus dugaan suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Riau-1.
 
"Iya (Pak Djoko)," kata Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman usai RUPS di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menjabat sebagai Plt Dirut, Djoko yang sebelumnya ditugaskan sebagai Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PLN, dalam RUPS kali ini juga dipindahkan sebagai direktur Pengadaan Strategis II PLN. Awalnya posisi direktur Pengadaan Strategis II dijabat oleh Supangkat Iwan Santoso.
 
Saat ini Iwan dipindahkan sebagai direktur Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PLN. Dengan kata lain bertukar posisi dengan Djoko. Sementara untuk direktur Pengadaan Strategis II yang awalnya diisi oleh Sofyan Basir sebagai plt, karena menggantikan Nicke Widyawati yang ditunjukkan sebagai direktur utama PT Pertamina (Persero), kini dijabat oleh Sripeni Inten Cahyani. Sripeni Inten sebelumnya menjabat sebagai direktur utama Indonesia Power, anak usaha PLN.
 
Muhammad Ali menjelaskan pemilihan direktur utama yang definitif masih menunggu keputusan pemegang saham, yakni Kementerian BUMN. Dia menambahkan penunjukan posisi definitif tersebut akan dilakukan tahun ini.
 
"Pemegang saham akan kaji lebih dalam lagi," jelas Ali.
 
Surat Keputusan diberikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah. Acara serah terima dan pengangkatan direksi PLN digelar di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif