Menko Maritim Luhut Pandjaitan. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Menko Maritim Luhut Pandjaitan. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Regulasi Kendaraan Listrik Diputuskan Presiden Jokowi Hari Ini

Ekonomi mobil listrik motor listrik
Ilham wibowo • 14 Januari 2019 13:18
Jakarta: Gambaran masa depan industri otomotif Tanah Air tak lama lagi bakal terlihat. Peraturan presiden (Perpres) tentang kendaraan listrik bakal diputuskan hari ini.
 
Kepastian itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Draf Perpres kendaraan berbahan bakar listrik telah rampung untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo dalam Ratas pukul 15.00 WIB, Senin, 14 Januari 2019.
 
"Perpres mobil listrik kami sudah final. Tapi, keputusannya di Ratas nanti pukul tiga sore," ujar Luhut ditemui di kantornya, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perpres ini merupakan momentum awal dari perkembangan industri otomotif ramah lingkungan di Tanah Air. Regulasi ini di dalamnya mengatur produksi hingga penjualan mobil maupun sepeda motor bertenaga listrik.
 
"Bahasan diputuskan hari ini. Mungkin saja ada yang ingin ditambah atau dikurangi oleh Presiden," ujar Luhut.
 
Draf Perpres ini telah melewati proses kajian panjang di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kementerian Perindustrian. Payung hukum pun diinisiasi untuk bisa menampung perkembangan teknologi transportasi modern.
 
Mekanisme pasar di industri kendaraan listrik juga akan terakomodasi. Selain itu, kebijakan pemerintah dalam pemberian insentif juga dimasukkan dalam rangka pengembangan investasi industri.
 
"Perpres nanti akan dirataskan. Sudah jelas apa yang dikaji Kementerian Perindustrian dan ESDM ini akan jauh ke depan. Apalagi kita punya potensi produsen baterai lithium dunia," pungkas Luhut.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif