PLN Siap Memenuhi Kebutuhan Listrik Jakarta dan Banten
Gardu Induk Gandul. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Depok: PT PLN (Persero) Regional Jawa Bagian Barat meresmikan tiga proyek dalam Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera Jawa (PLN UIP ISJ). Pembangunan ini untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan konsumsi dan listrik di Wilayah DKI Jakarta Raya dan Provinsi Banten.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengatakan telah mengerjakan tugas ini dengan sempurna, dalam kondisi pekerjaan yang penuh risiko dan waktu yang terbatas.

"Proyek ini dilakukan penuh dengan ketenangan, waktu kerja yang sangat terbatas karena hanya pada hari libur dan malam hari. Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan (K3) tetap prioritas kami," ujarnya, di Gardu Induk Gandul, Depok, Rabu, 16 Mei 2018.

Ia menambahkan tiga proyek tersebut memiliki total kapasitas 300 Mega Volt Amper (MVA) dengan transmisi 1,5 (KMS). Terdapat tiga wilayah pembangunan, seperti Gardu Induk BSD I 150 kiloVolt (kV) dengan kapasitas trafo 2x60 MVA dan Incomer Transmisi BSD I dengan panjang satu km sirkit, beroperasi pada 1 Maret 2018 dengan nilai proyek mencapai Rp79,3 miliar.

Lalu ada (GIS) atau Gas Insulated Switchger yang merupakan perbaruan dari Gardu Induk (GI) 150 Kv Spiill memiliki kapasitas trafo 2x60 MVA dan Incomer Transmisi Spinmill dengan panjang 0,5 km sirkit, beroperasi pada 28 Januari 2018 dengan nilai proyek mencapai Rp116,2 miliar.

Terakhir adalah wilayah Ciledug Extension Trafo Bay #4 150 kV GI, dengan kapasitas trafo 1x60 MVA, beroperasi pada 14 Maret 2018 dengan nilai proyek mencapai Rp8,3 miliar dan USD183.319.

Nilai total proyek tercatat sebesar Rp203,8 miliar dan USD183.319, PLN UIP ISJ berkontribusi aktif meningkatkan keandalan listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Diharapkan dengan beroperasinya GI dan transmisi pada semester I-2018 ini dapat memenuhi tuntutan kebutuhan listrik di Jakarta," tutupnya.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id