Pertamina Diminta Gaet Partner Kelola Wilayah Kerja Migas

Annisa ayu artanti 03 Juni 2018 18:40 WIB
pertamina
Pertamina Diminta Gaet Partner Kelola Wilayah Kerja Migas
Pertamina. (Ant/Andika Wahyu).
Bogor: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta PT Pertamina (Persero) untuk menggaet mitra dalam mengembangkan wilayah kerja migas yang ada.

Seperti diketahui, Pertamina telah mendapatkan 100 persen hak kelola untuk wilayah migas yang kotraknya tahun ini seperti wilayah kerja Tuban, Ogan Komering, North Sumatra Offshore, Sanga-Sanga, East Kalimantan, Attaka, dan Tengah. Namun hingga saat ini belum ada mitra dari wilayah kerja tersebut.

Melihat hal tersebut, Rini menilai lebih baik pengembangan wilayah kerja itu dapat dikerjasamakan dengan mitra supaya beban investasi dapat dibagi. Apalagi Rini mengetahui keuangan perusahaan pelat merah itu kian tercekik lantaran tidak naiknya harga premium.

"Kita lihat langkah-langkah yang lain, sekarang kan banyak sumur-sumur (yang dikerjakan). Kita mungkin kita kerja sama kan dengan pihak ketiga, sehingga investasinya bisa kita share. Kalau investasinya kita share otomatis kan keuntungan kita lebih baik," kata Rini saat diemui di Kampus IPB, Bogor, Minggu, 3 Juni 2018.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama Rini berujar bahwa keuangan Pertamina tahun ini akan mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu. Hal tersebut terjadi karena ditahannya harga premium Rp6.450 per liter. Padahal, harga keekonomian BBM dengan kadar RON 88 tersebut sudah diatas harga tersebut.

"Tahun ini (keuangan Pertamina) mungkin menurun karena kita buat program supaya masyarakat tidak terbebani," ucap Rini.

Program tersebut adalah keputusan untuk tidak mengubah harga premium hingga 2019. "Kita tidak naikan premium agar tidak membebankan masyarakat," sebut Rini.




(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id