Kuartal III-2018, Investasi PLN Sudah Sampai Rp60 Triliun

Annisa ayu artanti 24 Oktober 2018 20:57 WIB
pln
 Kuartal III-2018, Investasi PLN Sudah Sampai Rp60 Triliun
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.
Jakarta: PT PLN (Persero) mencatat telah menggelontorkan dana sekitar Rp60 triliun untuk kegiatan investasi hingga kuartal III-2018. Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto menyebutkan investasi tersebut mayoritas untuk pembangunan pembangkit tenaga listrik.

"Investasi sekitar Rp60 triliunan lah," kata Sarwono di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.

Sarwono menjelaskan, setiap tahun perusahaan listrik pelat merah itu konsisten melakukan investasi. Tahun ini ia memproyeksikan investasi PLN dikisaran Rp80 triliun hingga Rp90 triliun. Kegiatan investasi itu baru akan mengalami penurunan pada 2021 di mana pembangunan pembangkit listrik sudah tidak banyak lagi.

"Rp80 triliun sampai Rp90 triliun. Dibandingkan tahun lalu sama saja. Akan stabil sampai 2021," ungkap dia.

Sejauh ini, lanjut Sarwono, perkiraan investasi yang telah dikeluarkan PLN sekitar Rp240 triliun dimana sekitar Rp100 triliun berasal dari pinjaman dan sisanya dari kas internal.

"Yang sudah saya jelaskan juga investasi selama ini cukup bagus. Rp240 triliun. Tapi dana yang kita dari pinjaman Rp100 triliun," imbuh dia.

Di sisi lain, mengenai global bond sebesar USD1,5 miliar yang belum lama ini diterbitkan, Sarwono menambahkan, alokasi penggunaan dana itu terbesar digunakan untuk pembangunan pembangkit listrik. 

"Sebagian digunakan untuk pembangkit karena barangnya kan impor. Sedangkan yang transmisi itu sebagian besar lokal. Transisi bisa dipenuhi dalam negeri," pungkas dia.




(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id