Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Pemerintah Ingin Jadi Partner untuk Investor Tambang

Ekonomi pertambangan kementerian esdm
Suci Sedya Utami • 27 Februari 2019 13:48
Jakarta: Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyatakan pemerintah berkomitmen untuk terus menjadi partner bagi investor di bidang energi terutama di sektor pertambangan.
 
Hal ini disampaikan Arcandra dalam Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEl) Annual CEO Forum 2019. Di hadapan para pimpinan perusahaan tambang, Arcandra menjanjikan pemerintah akan mendengar apa yang menjadi keluh kesah pengembangan bisnis di sektor tersebut selama ini.
 
"Tahun ini kami akan lebih mendengarkan daripada berbicara. lzinkan kami menjadi partner Anda," kata Arcandra dalam acara tersebut di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arcandra pun mengatakan agar para pelaku usaha tidak perlu ragu untuk berkomunikasi dengan pemerintah. Dirinya pun mencontohkan terkadang ada dunia usaha yang lebih memilih untuk melakukan suatu tindakan tanpa berdiskusi dengan pemerintah sebagai regulator.
 
"Kalau ada yang perlu pemerintah bantu, ya kita bisa ngomong," ujar mantan Menteri ESDM ini.
 
Menurut dirinya dengan transparansi yang dilakukan terutama dalam proses penawaran wilayah kerja diharapkan bisa membuat bisnis pertambangan makin diminati investor. Lebih jauh Arcandra bilang pemerintah pun telah banyak mengeluarkan dan memperbaiki aturan-aturan yang dinilai membuat investasi di sektor tersebut makin menggairahkan.
 
"Kita berharap transparansi ini bisa lebih menggairahkan bisnis pertambangan yang berkeadilan," jelas Arcandra.
 
Indonesian Mining Association (IMA) sempat memprediksi sektor pertambangan akan mengalami kebangkitan seiring tingginya permintaan akan batu bara sebagai sumber energi utama pembangkit tenaga listrik. Maraknya pembangunan dan perubahan pola hidup di masyarakat mendorong naiknya angka konsumsi listrik di dalam negeri.
 
Ketua Umum IMA Ido Hutabarat mengatakan geliat pasar komoditas yang membaik dan meningkatnya permintaan pasar akan produk tambang mendorong kebangkitan industri pertambangan di Indonesia. Dengan kekayaan sumber daya mineral dan batu bara membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi favorit para investor.
 
Menurut dia, sektor pertambangan merupakan salah satu industri yang memiliki kontribusi terbesar dalam perekonomian Indonesia, didukung kondisi geologi yang sempuna menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya alam dan mineral. Kekayaan mineral yang besar membuat Indonesia banyak dilirik dan diminati oleh para investor.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif