Masukan Pelaku Industri Hulu Migas untuk Gairahkan Investasi

Annisa ayu artanti 02 Mei 2018 19:50 WIB
migas
Masukan Pelaku Industri Hulu Migas untuk Gairahkan Investasi
Illustrasi (Dok: AFP).
Jakarta: Pelaku industri hulu migas asal Amerika Serikat (AS), Chevron menyatakan ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia agar industri hulu migas lebih bergairah.

Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit Chuck Taylor menyebutkan investor memerlukan kepastian fiskal serta daya saing fiskal untuk berinvestasi di Indonesia.

Dia mengutarakan beberapa kunci utama untuk menarik investasi migas adalah pembagian hasil yang memberikan imbal-balik kompetitif bagi investor, ketaatan pemerintah terhadap komitmen yang tertuang dalam kontrak, penyusunan regulasi yang didasarkan pada data dan praktik secara global.

Lalu, persetujuan yang tepat waktu, penyederhanaan proses perizinan, penyelarasan kebijakan antar kementeriaan maupun antara pemerintah pusat dan daerah. Serta, kesepakatan kontrak yang mendukung kinerja operasi, nilai finansial dan pendapatan yang bersaing.

"Bagi saya perusahaan butuh kepastian fiskal. Kita adalah perusahaan padat modal, jangka panjang, kami ingin kalkulasikan semua dan berapa yang balik modalnya," kata Chuck Taylor di acara The 42nd IPA Convex 2018, di JCC, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

Dia menilai beberapa upaya yang telah dilakukan SKK Migas dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah membuat iklim investasi migas di Indonesia lebih kompetitif. Salah satunya penyederhanaan peraturan-peraturan dan penerapan ketentuan fiskal yang lebih menarik.

"Dengan iklim investasi yang kompetitif dan potensi cadangan yang ada, Indonesia memiliki peluang untuk meningkatkan investasi migas, lapangan kerja dan pendapatan yang lebih tinggi bagi pemerintah," ucap Chuck Taylor.

"Kita telah melihat perubahan-perubahan positif melalui revisi atas Peraturan Menteri ESDM terkait Gross Split," imbuh Chuck Taylor.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id