Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Pertamina Gelontorkan Rp2,9 Triliun Cari Cekungan Migas Baru

Ekonomi pertamina
Suci Sedya Utami • 29 November 2018 18:42
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana USD200 juta atau setara Rp2,9 triliun untuk studi bersama demi mencari dan mendapatkan informasi mengenai cekungan yang berpotensi memiliki cadangan migas baru.
 
"Kita punya komitmen USD200 juta untuk lima tahun dari 2019 untuk seismik, untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih terkait basin yang akan kita lihat," kata Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu di Hotel Raffles, Jakarta Pusat, Kamis, 29 November 2018.
 
Dharmawan mengatakan pihaknya telah memiliki enam lokasi kegiatan yang akan dijoin studikan bersama para mitra. Namun dirinya tidak menyebutkan siapa mitra yang dimaksud tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengatakan enam kegiatan tersebut berada di daerah lepas pantai Aceh, lalu lepas laut Natuna, serta beberapa daerah di antara Kalimantan hingga Papua yang tidak ia detailkan.
 
"Total yang sudah ada tiga dan akan diajukan enam. Tiga lagi rahasia," ujar mantan Head of Country BP di Indonesia ini.
 
Lebih lanjut dirinya menambahkan dalam bisnis migas, upaya eksplorasi memerlukan mitra. Untuk itu, kemitraan dalam join studi tersebut dibutuhkan.
 
"Dalam sebuah upaya eksplorasi sangat jarang perusahaan sebesar apapun melakukannya sendiri, butuh mitra. Nah ini yang perlu kita pahami kemitraan di bisnis oil and gas adalah hal yang biasa," jelas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi