RI Raup USD69,5 Juta dari Lelang Dua Blok Migas

Suci Sedya Utami 22 Oktober 2018 19:30 WIB
migas
RI Raup USD69,5 Juta dari Lelang Dua Blok Migas
Blok Migas. Dok : AFP.
Jakarta: Kemetrerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan pemenang dari lelang enam wilayah kerja (WK) atau blok migas di periode kedua tahun ini.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyebutkan dari enam WK tersebut, hanya dua blok yang akhirnya laku dan ditetapkan pemenangnya. Blok South Jambi B yang dimenangkan oleh Hong Kong Jindi Group Co Ltd dan Blok Banyumas oleh PT Minarak Brantas Gas.

Dari dua blok tersebut total dana segar yang masuk ke Indonesia sebesar USD69,5 juta. Jumlah tersebut terdiri dari komitmen kegiatan sebesar USD64 juta yang digunakan sebagai investasi serta bonus tanda tangan yang masuk sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar USD5,5 juta.

"Komitmen kerja pasti lima tahun dan bonus tanda tangan untuk Blok South Jambi B masing-masing sebesar USD60 juta dan USD5 juta," kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Sementara untuk Blok Banyumas komitmen kerja yang dipenuhi kontraktor pemenang senilai USD4 juta. Serta bonus tanda tangan sebesar USD500 ribu. Arcandra mengatakan tanda tangan kontrak untuk kedua blok tersebut paling lama dilakukan pada November 2018.

Adapun empat blok lainnya yang tidak diputuskan pemenangnya yakni Makassar Strait, Selat Panjang, Andika Bumi Kita dan South East Mahakam. Untuk Andika Bumi Kita dan Sout East Mahakam memang tidak ada kontraktor yang mengajukan dokumen penawaran.

Sedangkan blok Makassar Strait dan Selat Panjang, lanjut Arcandra, ada beberapa syarat dan ketentuan yang tidak dipenuhi oleh kontraktor yang berminat. Sehingga pemerintah memutuskan untuk tidak memberikan hak pengelola pada kontraktor tersebut.


 



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id