Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Lelang Blok Migas 2019 Diprediksi Masih Bergairah

Ekonomi migas kementerian esdm
Ade Hapsari Lestarini • 09 Maret 2019 17:36
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan investasi minyak dan gas bumi (migas) 2019 diproyeksikan bakal makin bergairah.
 
Indikasinya mulai terlihat dari animo para investor migas dalam mengakses dokumen penawaran lima Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional tahap I-2019 yang dilelang bulan lalu.
 
"Kelima blok yang bulan lalu dilelang, Alhamdulillah semua ada yang ambil," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, dikutip dari laman Kementerian ESDM, Sabtu, 9 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Agung ini menjadi indikasi awal investasi migas di 2019 bergairah. Terkait jumlah dan kontraktor, akan diumumkan setelah periode lelang berakhir pada April.
 
"Yang jelas dengan lima blok ada yang mengakses, ini dapat dikatakan indikasi awal yang baik," tambah dia.
 
Adapun lima WK yang dilelang secara regular tersebut mengunakan sistem fiskal baru, yaitu gross split yaitu WK Selat Panjang, West Kampar, Anambas, West Ganal, dan West Kaimana.
 
Penawaran lelang WK Migas sendiri, tambah Agung, sudah bisa diakses dokumen penawarannya sejak 25 Februari hingga 24 April 2019. Sementara, pemasukan dokumen partisipasi paling lambat pada 25 April 2019.
 
Sedangkan untuk akses bid document itu, para kontraktor dikenai biaya USD5.000 sebagai bentuk keseriusan perusahaan.
 
Sebagaimana diketahui dalam dua tahun terakhir sejak diterapkannya kontrak migas skema gross split (2017-2018) sudah ada 14 blok yang laku saat dibuka penawaran lelang. Padahal dua tahun sebelumnya lagi yaitu 2015 dan 2016, tak satu pun blok migas laku dilekang dengan skema cost recovery.
 
"Selain itu, gairah juga terlihat dimana investasi migas mencapai sekitar USD13 miliar di 2018 atau meningkat dibanding 2017 yang sebesar USD11 miliar," jelas Agung.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif