Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Pertamina Berniat Naikkan Kadar Oktan Pertalite jadi 91

Ekonomi pertamina pertalite
Annisa ayu artanti • 01 Maret 2018 00:20
Jakarta: PT Pertamina (Persero) berencana menaikkan kadar oktan pada Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite dari semula RON 90 menjadi RON 91.
 
Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar lantaran kedepannya perusahaan akan lebih banyak menyediakan BBM dengan standar Euro IV dan V. Di dalam standar itu sudah tidak tercantum lagi RON 90. Minimal oktan yang tercantum dalam BBM standar itu adalah RON 91.
 
"Kami naikkan satu oktan saja sudah menjadi Euro IV," kata Iskandar di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semenjak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengeluarkan peraturan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm, Pertamina berkomitmen untuk memperbanyak produksi BBM standar Euro IV dan V.
 
Beberapa program peremajaan kilang dan pembangunan kilang baru yang dilakukan perseroan diatur untuk menyediakan BBM standar tersebut.
 
Salah satunya program peremajaan kilang yang dilakukan adalah Pertamina Langit Biru Cilacap (PLBC) di Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah yang pada saat selesai nanti kilang Cilacap tidak lagi memproduksi BBM dengan RON rendah seperti premium.
 
"Kalau nanti project Cilacap Langit Biru akhir tahun beres berarti sudah tidak ada produksi RON 88 lagi. Ini roadmap pemerintah juga kan enggak mungkin balik lagi," ujar dia.
 
Lalu, lanjut Iskandar, proyek peremajaan kilang lainnya yang dilakukan Pertamina adalah Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan yang diatur untuk menyediakan BBM standar Euro IV.
 
"Kalau Balikpapan RDMP jadi sudah Euro V, minimal 91," ucap dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif