Blackout. MI/Erlangga.
Blackout. MI/Erlangga.

Blackout PLN Beri Pelajaran Berharga untuk Persiapan Ekonomi Digital

Ekonomi pemadaman listrik
Nia Deviyana • 15 Agustus 2019 15:12
Jakarta: Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Bappenas Leonardo Adypurnama Alias Teguh Sambodo mengatakan blackout atau pemadaman listrik secara massal beberapa waktu lalu menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan Indonesia terhadap kesiapan menuju ekonomi digital.
 
Kejadian tersebut, menurut Teguh, selain menunjukkan ketidaksiapan, juga membuktikan diperlukannya evaluasi terhadap tata kelola infrastruktur yang sudah dibangun.
 
"Kalau ekonomi digital nanti sudah booming, kita juga harus benar-benar fokus pada pemeliharaan energi, bukan hanya terhadap kesediaan pasokannya," ujarnya usai mengisi diskusi di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, lanjut Teguh, sangat penting untuk mempersiapkan rencana cadangan atau plan b untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan. Kurangnya antisipasi terhadap kemungkinan blackout beberapa lalu membuat penanganan menjadi lama sehingga menyebabkan banyak kerugian.
 
"Saat ini kita persiapkan ke sana. Ke depan, semua aspek harus dipertimbangkan terutama kalau kita mau target ekonomi digital terealisasi," tambahnya.
 
PT PLN (Persero) menaksir kerugian akibat listrik padam di sejumlah wilayah pada Minggu, 4 Agustus lalu, mencapai Rp90 miliar. Kerugian ini berasal dari estimasi kebutuhan listrik selama hari libur di di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat yang mencapai 22 ribu Megawatt (MW).
 
"Ya Rp90 miliar minimal rugi. Belum denda tadi kalau ada kompensasi," kata Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Raharjo Abumanan, belum lama ini.
 
Menurut Djoko, listrik yang telah dipasok sebesar 13 ribu mw, sehingga ada selisih 9 ribu mw. Jika perkiraan mati selama 10 jam, maka total 90 ribu mw dikalikan tarif per mw yang rata-rata Rp1 juta.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif