Petugas mengisikan BBM jenis pertalite (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Petugas mengisikan BBM jenis pertalite (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Pertamina: 69 SPBU di Riau Sediakan Pertalite

Ekonomi pertalite
19 Mei 2016 15:19
medcom.id, Pekanbaru: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mencatat Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite kini bisa diperoleh di 69 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Provinsi Riau.
 
"Ya, masyarakat kini bisa memperoleh BBM pertalite pada 69 unit SPBU dari total 147 unit SPBU di Riau," kata Kepala Area Komunikasi dan Relasi Pertamina Sumbagut Fitri Erika, seperti dikutip dari Antara, di Pekanbaru, Kamis (19/5/2016).
 
Pada akhir Maret tahun ini, ucap dia, BBM varian terbaru yang diluncurkan Oktober 2015 dengan kadar atau Research Octane Number (RON) 90 bernama pertalite, cuma terdapat pada 43 unit SPBU.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun pengusaha tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) di provinsi itu terdorong untuk memasarkan berbagai jenis BBM dengan pusat penjualan di SPBU.
 
Adapun berbagai jenis BBM itu seperti pertamax plus, pertamina dex, pertalite, gas elpiji nonsubsidi 12 kilogram dan gas elpiji subsidi tiga kilogram untuk menstabilkan harga jual di pasaran atau tidak hanya premium dan solar.
 
Pertamina: 69 SPBU di Riau Sediakan Pertalite
Petugas bersiap mengisi BBM jenis pertalite
 
"Akibatnya konsumsi BBM jenis pertalite meningkat di Riau. Seperti Februari tercatat sebesar 1.438 kiloliter, pada Maret jadi 2.146 kiloliter atau meningkat 49 persen. Adapun di April konsumsi menjadi 2.652 kiloliter atau meningkat sebesar 24 persen," jelasnya.
 
Fitri menjelaskan, meningkatnya konsumsi BBM jenis pertalite tidak terlepas dari tren anjloknya harga minyak mentah dunia dalam sekitar dua tahun terakhir dan berdampak menurunnya harga jual BBM terutama jenis pertamax plus, pertamina dex dan pertalite.
 
"Ada penurunan harga jual ketiga jenis BBM itu di Riau hingga Rp300 per liter seiring tren harga minyak dunia. Perubahan harga terhitung 15 Mei 2016 untuk wilayah Sumbagut seperti pertalite jadi Rp7.300 dari sebelumnya Rp7.500 per liter," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif