Ilustrasi pembangkit listrik. (FOTO: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo)
Ilustrasi pembangkit listrik. (FOTO: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo)

Eceng Gondok Diolah untuk Pembangkit Listrik

Ekonomi pembangkit listrik pln
Suci Sedya Utami • 12 Juli 2019 14:04
Jakarta: PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) tengah mengembangkan penggunaan eceng gondok sebagai bahan baku operasional pembangkit.
 
Kepala Bidang Stakeholder and Management PJB Doddy Nafiudin mengatakan PJB menggandeng STT PLN untuk mengkaji pemanfaatan eceng gondok yang ada di Waduk Cirata menjadi briket. Briket tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan campuran batu bara untuk pembangkit.
 
"Untuk rumah tangga briket tersebut digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Untuk PLTU bisa digunakan campuran batu bara untuk pembangkit," kata Doddy pada Medcom.id, Jumat, 12 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Doddy menggunakan eceng gondok yang diteliti di Waduk Cirata, yang merupakan area dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata. Eceng gondok yang tumbuh di daerah tersebut rata-rata per tahun sebesar 100 hektare (ha) atau satu-dua persen dari luasan Waduk Cirata yang mencapai 6.200 ha.
 
PJB melalui Unit Operasional Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC) telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi eceng gondok tersebut. Antara lain melalui upaya teknis dengan pengambilan menggunakan alat berat atau weed harvester. Selain upaya penanggulangan berupa kegiatan pembersihan, BPWC juga melakukan pemanfaatan eceng gondok menjadi bentuk produk antara lain kerajinan tangan, biogas, pupuk cair, dan pakan ternak.
 
Adapun pemanfaatan untuk pembangkit merupakan inovasi baru. Doddy berharap pemanfaatan eceng gondok bisa mengurangi penggunaan energi fosil dalam hal ini batu bara. Serta sebagai alternatif dalam mengembangkan energi baru terbarukan di sektor kelistrikan.
 
Lebih jauh diharapkan penggunaan eceng gondok untuk pembangkit bisa diimplementasikan pada tahun depan. Saat ini, Doddy bilang masih perlu proses uji coba lebih dalam.
 
"Rencananya begitu pada 2020. Namun belum tahu mana pembangkit yang nanti dipakai untuk pilot project," jelas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif