Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Masker hingga Beras, Terbanyak Dicari di Toko Online

Ekonomi Virus Korona shopee
Annisa ayu artanti • 26 Maret 2020 19:16
Jakarta: Shopee Indonesia mencatat kebutuhan barang-barang kesehatan dan kebutuhan pokok yang paling banyak dicari masyarakat saat wabah virus korona merebak.
 
Public Relation Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana mengatakan kebutuhan barang seperti masker, hand sanitizer, minyak, dan beras paling banyak dicari di kata kunci Shopee.
 
"Sepanjang dua minggu ke belakang, kategori kesehatan dan kategori kebutuhan barang sehari-hari di kata kunci," kata Aditya dalam video konferensi di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun Aditya tidak bisa menyebutkan jumlah kenaikan transaksi dari barang-barang tersebut. Aditya hanya bisa menyampaikan data untuk kuartal IV-2019. Adapun data per kuartal IV tersebut jumlah transaksi dan trafik pengguna Shopee terus mengalami peningkatan.
 
"Secara umum trafik dan jumlah kunjungan selama periode ini tetap tinggi," ucapnya.
 
Pada kuartal IV-2019, Shopee mencatat lebih dari 180 juta transaksi atau meningkat 124,6 persen secara year on year (yoy). Dengan angka tersebut, Shoppe juga menaksir adanya transaksi harian sebanyak dua juta kali.
 
"Shopee transaksinya selalu tinggi. Kalau di Asia Tenggara kurang familiar. Tetapi di Indonesia kita tinggi lebih dari 180 juta transaksi di kuartal IV," sebutnya.
 
Lebih lanjut, dalam mendorong jumlah transaksinya, Shopee menggalakkan program #Belanja DariRumah. Program tersebut, selain untuk mendukung kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah untuk menjaga jarak atau social distancing dalam rangka meminimalisir penyebaran virus korona, juga untuk mendukung para pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang kegiatan bisnisnya terdampak virus korona.
 
"Dengan tetap belanja, dua faktor yang kami dorong yaitu kebijakan pemerintah dan menggerakan ekonomi Indonesia. Banyak sektor di luar sana yang terdampak situasi ini. UMKM yang berjualan di Shopee bisa tetap melangsungkan aktivitasnya," tukasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif