Ilustrasi ecommerce. Foto : AFP.
Ilustrasi ecommerce. Foto : AFP.

Menperin Minta Perusahaan E-Commerce Jamin Keamanan Data

Ekonomi ecommerce
Ilham wibowo • 14 Mei 2020 18:58
Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta perusahaan platform digital terutama e-commerce di Tanah Air terus mendukung penjualan produk dalam negeri. Dukungan juga perlu diberikan dalam jaminan keamanan data bagi konsumen maupun pedagang.
 
"Saya ingin berpesan saja agar keamanan dari data-data nanti dari IKM atau UKM-nya, dari konsumen atau pembelinya itu juga betul-betul dijaga," kata Agus saat menghadiri kampanye nasional 'Bangga Buatan Indonesia' secara virtual, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Pesan itu Agus sampaikan langsung kepada Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung. Keamanan data menjadi penting agar masyarakat semakin percaya bisa memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan sampai semangat dan momentum yang sekarang lagi kita bangun, tapi kalau keamanan dari data-data itu tidak bisa dilindungi sedemikian rupa, nanti semangatnya akan turun kembali," ungkapnya.
 
Agus memaparkan bahwa pandemi covid-19 ini membawa perubahan signifikan pada kebiasaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan masyarakat semakin banyak secara online yang menjadi normal baru.
 
"Menurut pandangan kami, adanya new normal nanti tetap akan membuat pemasaran yang menggunakan digital platform ini tetap menjadi idola. Interaksi antara supplier dan pembeli itu tetap dilakukan melalui e-commerce," ungkapnya.
 
Agus menambahkan bahwa pemerintah mendorong penuh sektor IKM bisa merambah platform digital sesuai peta jalan Makin Indonesia 4.0. Kemenperin sejak 2017 bahkan telah menginisiasi program e-Smart untuk industri kecil.
 
"Kami dukung dan dorong IKM mampu adaptasi gerakan Making Indonesia 4.0. Juga mendorong IKM meningkatkan pasar melalui platform digital dengan pelatihan dan pendampingan," tutur Agus.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif