Shopee-Gerkatin Solo Latih Teman Tuli Berbisnis Digital. Foto: Medcom.id
Shopee-Gerkatin Solo Latih Teman Tuli Berbisnis Digital. Foto: Medcom.id

Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Shopee-Gerkatin Solo Latih Teman Tuli Bisnis Digital

Ekonomi Ekonomi Indonesia Ekonomi Digital shopee
Husen Miftahudin • 23 September 2021 15:12
Jakarta: Platform e-commerce Shopee mengumumkan pembukaan kelas pelatihan bisnis digital dasar yang ditujukan untuk Teman Tuli di Solo. Bersama dengan Komunitas Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kota Surakarta, pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan Teman Tuli terhadap dasar-dasar bisnis online untuk meningkatkan pemahaman demi mewujudkan kemandirian ekonomi.
 
"Sejalan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang dirayakan setiap 23 September, kali ini Shopee memberikan sebuah program untuk membantu teman-teman tuli agar dapat memulai dan belajar bisnis online, sehingga secara ekonomi bisa mandiri dan bisa menikmati dari bisnis online yang memang saat ini sedang populer," ucap Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira dalam konferensi pers virtual, Kamis, 23 September 2021.
 
Radynal mengungkapkan, Shopee ingin membantu memberdayakan komunitas lokal melalui pelatihan dan pendampingan agar para Teman Tuli juga bisa memulai berbisnis secara online dan menjadi calon pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdaya. Pelatihan ini akan dilakukan di Kampus UMKM Ekspor Solo yang telah dibuka sejak Mei lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami percaya bahwa setiap orang harus memiliki akses yang sama untuk mendapatkan peluang terlepas dari latar belakang atau kemampuan mereka. Setelah membuka Kampus UMKM Shopee Ekspor di beberapa kota sejak Mei lalu, kami ingin terus memperluas jangkauan kami dalam memberikan pelatihan bagi lebih banyak komunitas," tuturnya.
 
Saat berdialog dengan Gerkatin, lanjutnya, Radynal menemukan fakta banyak Teman Tuli yang kehilangan pekerjaan selama masa pandemi dan masih belum paham tentang bisnis online. Padahal, ada banyak kesempatan yang bisa mereka ciptakan di tengah era digital ini.
 
"Karenanya, di Hari Bahasa Isyarat Internasional hari ini Shopee senang dapat mengumumkan pembukaan pelatihan bagi Teman Tuli dan berharap bahwa ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi mereka," harap dia.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC Gerkatin Kota Surakarta Galih Saputro menyambut baik program pelatihan ini dan berharap bisa menambah wawasan dan ketertarikan Teman Tuli Solo untuk memulai bisnis digital. Dia bilang, kurangnya kesempatan bagi kelompok difabel untuk bisa mandiri secara ekonomi merupakan masalah yang masih dihadapi di Indonesia, terutama di tengah pandemi.
 
"Pelatihan yang diberikan oleh Shopee kami lihat sebuah langkah awal yang sangat baik untuk meningkatkan ketertarikan dan pemahaman teman Tuli akan bisnis digital yang dewasa ini kian berkembang. Dibutuhkan sinergi dari semua pihak seperti ini untuk bahu-membahu dalam membantu lebih banyak komunitas," tuturnya.
 
Pelatihan bisnis digital dasar ini akan dimulai pada awal Oktober 2021 dan terbuka untuk seluruh Teman Tuli di Solo. Teman Tuli dapat menghubungi Gerkatin untuk mendaftar dan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Kampus UMKM Shopee Solo.
 
Adapun materi yang akan diberikan mulai dari pengenalan tentang konsep bisnis dan cara berjualan online di e-commerce, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan, cara menggunakan aplikasi Shopee dan fitur-fitur pendukung untuk membuat penjualan lebih efektif.
 
Selain materi edukasi, Teman Tuli yang mengikuti program ini pun dapat menggunakan fasilitas dan layanan yang tersedia di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo seperti studio foto dan live streaming, serta berkonsultasi langsung dengan Shopee untuk memulai bisnis online mereka. Seluruh sesi pelatihan akan difasilitasi dengan Juru Bahasa Isyarat dari Deaf Volunteering Organization (DVO) Solo.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif