ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Generasi Muda Dituntut Memanfaatkan Media Sosial dengan Konten yang Bernilai Jual Tinggi

Ekonomi media sosial teknologi Ekonomi Digital
Al Abrar • 23 Oktober 2021 21:54
Jakarta: Generasi muda dituntut dapat memanfaatkan media sosial sehingga menjawab tantangan disrupsi digital. Dengan kemampuan atau cakap digital dalam pemanfaatan media sosial dapat mmeningkatkan produktivitas di era pandemi saat ini.
 
Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, mengatakan sudah menjadi satu kewajiban bagi generasi muda untuk cakap dalam literasi digital di era pandemi saat ini. Dengan cakap digital, generasi muda memiliki peranan besar dalam kemajuan berbagai sektor di Indonesia.
 
"Sehingga dapat lebih memahami penggunaan media digital dengan bijak serta dengan menyuguhkan konten dalam platform media yang bermanfaat," kata Semuel dalam diskusi Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang bertajuk "Generasi Cakap Digital. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Semuel, kehadiran pandemi dan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegas bahwa Indonesia sedang menghadapi era disrupsi teknologi.
 
Sementara itu, dalam pengantarnya, Anggota Komisi I DPR, Rizki Sadig menyampaikan generasi muda dihadapkan dengan situasi, bahwa untuk memahami dan mengoperasikan media komunikasi melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK) digital. 
 
Untuk itu, di era pandemi saat ini untuk memaksimalkan diri karena hampir semua aktivitas sosial dihubungkan dengan media sosial atau media digital. 
 
"Hal ini merupakan sesuatu untuk anak muda yang akan mendominasi populasi di Indonesia" ujar Rizki.
 
Sementara itu, Influencer muda, Faysal Antonio mengaatakan, setiap bisnis harus memiliki media sosial. Nantinya media itu untuk melayani semua berbagai jenis pembeli. 
 
Menurutnya hal itu sangat membantu terutama bagi generasi muda yang sedang membangun bisnis. Oleh karena itu sebagai pengguna media sosial generasi muda lebih teliti dan bijak terkait informasi yang tersebar di media sosial. 
 
"Apakah sudah benar dan jelas narasumbernya. Kemudian dari pada itu banyak keuntungan yang bisa kita ambil sebagai pengguna media sosial," kata Faysal. 
 
Faysal menegaskan, tak dapat dipungkiri juga bahwasannya harus berhati-hati bermedia sosial karena banyak potensi kejahatan. seperti kebocoran data pribadi seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir hingga alamat. 
 
"Dengan itu manfaatkan dunia digitalisasi dengan baik dan bijak untuk produktivas sesama, sehingga dapat meminimalisasi kejahatan internet secara aktif," katanya. 
 
Sementara itu, publik Figur, Sakhna Fawatihul Bilad menambahkan cara untuk generasi cakap digital yaitu memanfaatkan media sosial dengan baik seperti membuat konten yang sesuai dengan bakat dan minat. Sebab, sejatinya pekerjaan yang disukai dan tidak dipaksakan itu akan lebih berjalan dengan lancar dibanding sesuatu hal yang dipaksakan. 
 
"Terlepas dari konten yang sudah kita buat baik konten travelling, foto-foto dan lain-lain ada sedikit hal yang sudah kita bantu untuk Indonesia yaitu mempromosikan. Dengan itu kita seabagai generasi milenial cakap digital dapat memanfaatkan media sosial untuk menjadi ladang usaha atau mata pencarian kita dengan manfaatkan konten yang kreatif dan inovatif."
 
(ALB)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif