OYO. Foto ; AFP.
OYO. Foto ; AFP.

OYO Optimistis pada Industri Hospitality di Indonesia

Ekonomi hotel start up technology pandemi covid-19
Antara • 28 Oktober 2020 16:08
Jakarta: Dua tahun berlalu sejak resmi beroperasi pada Oktober 2018 silam, OYO terus memperkuat pondasi dan ekosistem bisnisnya di Indonesia meski di tengah pandemi covid-19. Selama beroperasi dua tahun ini, OYO telah membukukan lebih dari 5,5 juta pemesanan dan membuka lebih dari 20 ribu lapangan pekerjaan di bidang hospitality.
 
Data internal OYO juga mencatat membaiknya performa hotel OYO di Indonesia secara perlahan, dengan tingkat okupansi per Agustus 2020 meningkat sebanyak 70 persen dari titik terendah di April 2020. Meskipun peningkatan tersebut masih di angka 60 persen dari tingkat okupansi normal sebelum pandemi.
 
Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya mengungkapkan selama kurang lebih dua tahun berkiprah di industri hospitality Indonesia, OYO telah berhasil mencapai lebih dari 3.000 properti dan 45 ribu kamar yang tersebar di lebih dari 150 kota di penjuru Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada 3,3 juta tamu setia OYO Indonesia, mitra-mitra OYO, juga para OYOpreneurs atas kepercayaannya sehingga OYO mampu tumbuh sebagai akomodasi favorit di Indonesia," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Di tahun ke-3, OYO akan terus menyempurnakan seluruh ekosistem sehingga dapat menghadirkan pelayanan lebih baik dan inovatif bagi para tamu, serta memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset dan karyawan perseroan.
 
Meski pandemi menekan industri hospitality secara signifikan. Namun, OYO dengan teknologi sebagai DNA-nya mampu merespons dengan memperkuat operasional di skala lokal, serta memberikan pengalaman menginap lebih aman, seamless, dan contactless.
 
Komitmen ini diwujudkan melalui beberapa inisiatif seperti sanitized stay, termasuk fitur check-in dan check-out tanpa sentuhan, serta integrasi e-wallet OVO dan Go-Pay di aplikasi OYO, yang memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional hotel secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out.
 
Sejak diluncurkan pada Juni lalu, saat ini sebanyak lebih dari 865 properti mitra OYO di Indonesia telah mengikuti pelatihan dan menerapkan protokol tersebut, sehingga mendapatkan label dan logo Sanitized Stay di aplikasi OYO.
 
Lebih lanjut, OYO juga masih optimistis terhadap potensi industri hospitality di Indonesia, khususnya di sektor hotel budget. Adaptasi secara cepat dan memanfaatkan peluang menjadi kunci dalam menghadapi perubahan perilaku dan preferensi konsumen di industri pariwisata pascapandemi.
 
Selain itu, adanya tren staycation di hotel-hotel budget dengan skala kecil yang tetap memberikan pengalaman menginap unik menjadi sinyal positif bagi potensi pertumbuhan OYO di Indonesia.
 
Dia menjelaskan hotel budget dengan 20-30 kamar berpotensi lebih diminati karena lebih memungkinkan pelanggan untuk tetap menjaga social distancing dan higienitas, sehingga dapat merasa aman dan nyaman selama berlibur di masa new normal ini.
 
"Pandemi ini menjadi momentum bagi kami untuk mengevaluasi seluruh operasional bisnis kami, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi. Tidak hanya demi keberlangsungan bisnis kita bersama, namun juga untuk seluruh pihak yang membutuhkan. Kami tetap optimistis bahwa bersama-sama, OYO bersama para mitra kami dan para OYOpreneur, kami dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu di Tanah Air," tutup Agus.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif