Investasi Bitcoin semakin diminati oleh para investor. Foto: AFP
Investasi Bitcoin semakin diminati oleh para investor. Foto: AFP

Berkat PayPal, Harga Bitcoin Tembus Rp190 Juta

Ekonomi bitcoin cryptocurrency
Husen Miftahudin • 22 Oktober 2020 18:42
Jakarta: Harga bitcoin melonjak hingga mencapai lebih dari USD12.950 atau setara Rp190 juta (kurs Rp14.700 per USD) pada Rabu malam, 21 Oktober 2020. Ini merupakan harga tertinggi bitcoin selama dua tahun terakhir.
 
Direksi Bitcoin Indonesia (Bitcoin.co.id) William Sutanto mengatakan salah satu faktor yang mendorong peningkatan harga bitcoin lantaran PayPal mengeluarkan fitur pembayaran bitcoin. Dengan fitur anyar tersebut, pengguna PayPal dapat membeli, menjual, dan menyimpan aset kripto termasuk bitcoin.
 
"Fitur PayPal tersebut ikut mendorong permintaan bitcoin secara masif hingga membuat harganya mencapai puncaknya. Seperti yang kita ketahui, salah satu faktor yang meningkatkan harga bitcoin adalah banyaknya permintaan," uajr William dalam keterangannya, Kamis, 22 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


William mengungkapkan, harga bitcoin pernah menyentuh Rp183 juta pada Agustus 2020, dan sempat turun hingga Rp150 juta pada September. Namun kemudian, aset kripto tersebut terus merangkak naik.
 
Menurutnya, pergerakan harga bullish yang dialami bitcoin sudah diramalkan dari awal tahun. Jika dilihat dari masa itu, peningkatan harga bitcoin melebihi 90 persen. Pada Januari 2020, harga bitcoin masih berada di level USD7.300 atau setara Rp99 juta.
 
"Bahkan kalau kita lihat dari awal pandemi covid-19 di Indonesia, yaitu pada Maret 2020, kenaikan bitcoin naik melebihi 150 persen. Maret 2020 itu bitcoin sempat jatuh ke Rp65 juta. Tapi penurunannya sementara, kini bitcoin menyentuh level tertingginya lagi," papar William.
 
Dia menjelaskan bahwa pergerakan harga tersebut membuktikan bitcoin sebagai aset safe haven dan menjadi primadona di musim pandemi ini. Tak heran bila para investor mengamankan asetnya ke bitcoin di saat harga instrumen investasi lainnya terguncang akibat meluasnya dampak pandemi covid-19.
 
Menurut William, peningkatan harga bitcoin bisa saja terjadi hingga pergantian tahun 2021. Hal ini karena ada beberapa sentimen yang mendongkrak harga, salah satunya ketidakstabilan politik di Amerika Serikat dan meningkatnya tensi geopolitik antara Tiongkok dan Taiwan.
 
"Ditambah dengan berita perusahaan-perusahaan besar mulai berinvestasi dan mengintegrasikan bitcoin ke dalam bisnis mereka. Fundamental bitcoin saat ini sangat kuat," tegas dia.
 
Oleh karena itu, William mengajak masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan momen ini dengan berinvestasi di Bitcoin Indonesia (Bitcoin.co.id). Platform Bitcoin.co.id punya fitur yang memudahkan pengguna, bahkan punya fitur khusus untuk orang-orang yang ingin berinvestasi bitcoin secara instan.
 
"Kita memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan investasi bitcoin. Selain itu, kita juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital Indonesia, khususnya di sektor investasi," pungkas William.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif