Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Pandemi Covid-19 Dongkrak Transaksi Online DANA 11%

Ekonomi startup ekonomi digital
Suci Sedya Utami • 27 Maret 2020 21:01
Jakarta: Platform Dompet Digital Indonesia, DANA, menyatakan adanya peningkatan transaksi online atau digital di masa-masa pandemi covid-19 di Tanah Air.
 
CEO dan salah satu Founder DANA Vincent Iswara mengatakan hal ini juga tidak terlepas dari seruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganjurkan penggunaan transaksi nontunai.
 
Lembaga kesehatan dunia tersebut mengkhawatirkan adanya kuman yang menempel pada uang kertas, yang bisa menjadi pangkal penyebaran virus dan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh serta membuka celah yang dapat disusupi oleh berbagai penyakit yang tidak diinginkan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terjadi kenaikan transaksi yang signifikan untuk transaksi online sebanyak 11 persen, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa menjadi layanan yang paling banyak digunakan," kata Vincent dalam keterangan resminya, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Meskipun diakui Vincent kasus covid-19 secara keseluruhan membuat penurunan transaksi di berbagai merchant offline DANA. Namun demikian, dia bilang pihaknya terus berusaha meningkatkan kapasitas dalam melayani lebih dari 35 juta pengguna DANA di Indonesia.
 
Sehingga mereka dapat dengan nyaman bertransaksi secara mudah dan real-time di mana saja dan kapan saja, tanpa harus meninggalkan rumah untuk mendapatkan akses finansial.
 
Penggunaan dompet digital untuk bertransaksi nontunai bisa dijadikan opsi bagi masyarakat di saat terjadinya penyebaran wabah virus. Di luar faktor kepraktisan dan kenyamanan, penggunaan transaksi digital dapat meminimalkan kontak kita dengan uang kertas yang telah berpindah-pindah tangan dan tidak kita ketahui kebersihannya.
 
Vincent juga mengimbau pengguna dompet digital DANA yang belum memanfaatkan fitur Card Binding untuk mempertimbangkan pemanfaatannya. Bertransaksi nontunai menggunakan fisik kartu kredit atau kartu debit juga berpotensi adanya interaksi fisik dengan pihak lain atau mesin EDC yang tidak diketahui jaminan kebersihannya.
 
Pengguna bisa segera menyimpan dan melakukan verifikasi kartu kredit dan kartu debit yang dimiliki ke dalam dompet digital DANA, untuk selanjutnya digunakan untuk bertransaksi nontunai secara digital dengan DANA.
 
"DANA dirancang sebagai platform pembayaran digital yang canggih dan dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, pengguna DANA dapat terus merasa aman dalam bertransaksi karena layanan DANA dapat berfungsi dengan baik walaupun di saat wabah virus sedang terjadi,” jelas Vincent.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif