Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Memanfaatkan Layanan Digital untuk Menghadapi Korona

Ekonomi ekonomi digital
Eko Nordiansyah • 16 Maret 2020 07:59
Jakarta: Penyebaran virus korona (covid-19) telah memberikan pengaruh terhadap kegiatan masyarakat. Larangan untuk tidak keluar rumah dan menghindari kerumunan, membuat aktivitas harus dilakukan dengan memanfaatkan layanan digital.
 
Salah satunya, Prodi Ekonomi Syariah IAIN Metro Lampung yang melakukan kerja sama dengan marketplace pendidikan GreatEdu untuk menyediakan fasilitas e-learning. Kerja sama ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik agar dapat meminimalisir penyebaran korona atau covid-19.
 
Kaprodi Ekonomi Syariah IAIN Metro Lampung Dharma Setyawan mengatakan upaya ini dilakukan dengan penerapan pembelajaran berbasis aplikasi. Ia berharap kerja sama ini menjadi langkah strategis dalam menghadapi penyebaran korona yang jumlah pasiennya tiap hari terus mengalami kenaikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"GreatEdu platform digital Crowd Learning menyediakan fitur-fitur pembelajaran. Menyebarnya virus Corona harus dihadapai dengan optimistis dan dengan teknologi. Semua orang pasti cemas, tapi kita harus cari jalan keluar agar pembelajaran tidak berhenti," kata Dharma dalam keterangan tertulisnya, Senin, 16 Maret 2020.
 
CEO GreatEdu Robert Edy Sudarwan menyampaikan bahwa pada prinspinya tidak ada yang berubah dalam belajar mengajar secara online. Hanya saja, menurut Robert belajar mengajar yang tadinya berada di dalam kelas kini dipindahkan dalam sebuah platform.
 
"Pada dasarnya tidak ada yang berubah, guru dan murid adalah orang yang sama. Sementara materi belajar juga sama yakni yang telah di-upload ke aplikasi GreatEdu. Oleh karena itu kami siap membantu Prodi Ekonomi Syariah IAIN Metro dalam mencari jalan keluar atas adanya virus ini. Agar proses dan mengajar tetap berjalan, " ungkapnya.
 
Menurut Robert saat ini sudah ada sejumlah sekolah dan Perguruan Tinggi di Jakarta yang menjalin komunikasi untuk berkerja sama dengan GreatEdu. Ia berharap, dengan majunya teknologi di era sekarang dapat membantu segala permasalahan yang ada, khususnya pendidikan.
 
"Teknologi sekarang sudah semakin canggih, tidak perlu lagi ada pembelajaran yang berhenti meski kasus korona ini membuat kita semua cemas. Kami sangat terbuka jika ada pihak-pihak yang ingin bekerja sama dalam mensinergikan antara pendidikan dan teknologi digital" kata Robert.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif