ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Generasi Muda Kreatif Dinilai Dapat Memperkuat Pemanfaatan Media Digital

Ekonomi media sosial teknologi Ekonomi Digital
Al Abrar • 21 Oktober 2021 12:36
Jakarta: Generasi muda saat ini dituntut untuk cakap digital dengan kreativitas dalam penggunaan dan pemanfaatan media digital. Hal tersebut juga dinilai sebagai kontribusi dalam menjawab tantangan disrupsi digital dengan kemampuan atau cakap dalam pemanfaatan media sosial.
 
Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, mengatakan sudah menjadi satu kewajiban bagi generasi muda untuk cakap dalam literasi digital di era pandemi saat ini. Dengan cakap digital, generasi muda memiliki peranan besar dalam kemajuan berbagai sektor di Indonesia.
 
Selain itu kehadiran pandemi dan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara kita beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegas bahwa kita tengah menghadapi era disrupsi teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga dapat lebih memahami penggunaan media digital dengan bijak serta dengan menyuguhkan konten dalam platform media yang bermanfaat," kata Semuel dalam diskusi Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang bertajuk "Makin Cakap Digital" yang diselenggarakan di Jakarta, pada Selasa, 19 Oktober 2021. 
 
Sementara itu, dalam pengantarnya, Anggota Komisi I DPR, Rizki Sadig menyampaikan dengan perkembangan dunia digital teknologi informasi dan komunikasi, generasi muda dituntut menyesuaikan diri dan bersosialisasi dalam segala aktivitas melalui dunia digital. 
 
Untuk itu, di era pandemi saat ini untuk memaksimalkan diri karena hampir semua aktivitas sosial dihubungkan dengan media sosial atau media digital. 
 
"Hal ini merupakan sesuatu untuk anak muda yang akan mendominasi populasi di Indonesia" ujar Rizki.
 
Sementara itu, Media Research, Siti Maidini Herdiyanti mengatakan zaman dunia serba digitalisasi bisa peluang besar untuk generasi milenial. Ada beberapa hal penting mengapa generasi milenial perlu melek digital.
 
"Yakni, Networking, kita dapat membuka jaringan-jaringan baru yang sangat mudah dari berbagai wilayah ataupun negara," kata Siti.
 
Baca: Penggunaan Teknologi Digital Bantu Hadapi Gejolak Ekonomi
 
Kedua, personal branding, generasi milenial dapat memanfaatkan teknologi dengan membagikan kegiatan-kegiatan yang relevan di media sosial sehingga orang-orang tahu kapasitas diri sendiri. Kemudian Ketiga selling, hal ini memberikan peluang kepada kita untuk mengasah kekreatifitasan kita dengan penjualan di berbagai platform yakni Instagram atau Market Place. 
 
"Keempat fundrsing, dimana pada hal ini berkaitan erat dengan inisiatif sosial kita. Dengan itu manfaatkan dunia digitalisasi dengan baik dan bijak, karna prinsip dari media sosial adalah kreatif, inspiratif, dan interaktif," ujarnya.
 
Sementara itu, influencer Silvy Kumalasari menambahkan cara untuk generasi muda mengembangkan sosial media saat ini yaitu dengan karakter yang sudah dimiliki. Sebab sejatinya, bermedia sosial tidak perlu harus memiliki barang-barang yang mewah namun sebaliknya jika memiliki bakat hal itulah yang harus dimanfaatkan dan ditunjukkan untuk menjadi peluang untuk bermedia sosial.
 
'Selanjutnya melakukan analisa pada setiap hal yang sedang nge-trend sehingga menjadi solusi untuk membuat konten yang kreatif dan tidak monoton," kata Silvy.
 
(ALB)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif