Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

E-Commerce Ini Paling Unggul di Peta Kompetisi Indonesia

Ekonomi Ecommerce virus corona
Ilham wibowo • 20 September 2020 14:11
Jakarta: Perusahaan konsultan marketing MarkPlus, Inc. merilis hasil riset terbaru terkait performa serta brand awareness dari industri e-commerce selama kuartal ketiga 2020. Riset ditujukan untuk melihat kebiasaan konsumen dalam berbelanja online di gerai-gerai digital selama pandemi covid-19.
 
Head of High Tech, Property & Consumer Goods Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo mengatakan bahwa periode akhir tahun biasanya menjadi momentum bagi para pemain e-commerce menghadirkan penawaran terbaik bagi konsumen. Pandemi yang terjadi hingga kini juga membuat pemain e-commerce semakin gencar menghadirkan belanja online sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah.
 
"Dari riset tersebut, Shopee menjadi e-commerce pemimpin pasar pada kuartal III dengan 90 persen responden menyatakan Shopee sebagai brand yang pernah digunakan dalam tiga bulan terakhir, disusul Tokopedia 58 persen, Lazada 35 persen, Bukalapak 22 persen, Blibli 14 persen, dan JD.id 13 persen,” ungkap Rhesa melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 20 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil survei juga menunjukkan bahwa platform Shopee menjadi e-commerce dengan top of mind atau paling diingat konsumen dengan 71 persen, diikuti Tokopedia 15 persen, Lazada delapan persen, Bukalapak dua persen, serta JD.id, dan Blibli satu persen. Menurut Rhesa, alasan sebuah brand e-commerce dapat diingat dengan mudah karena di antaranya getol dalam merilis berbagai rangkaian kampanye untuk menarik perhatian konsumen.
 
"Selain merilis kampanye selama periode kuartal II, memperkuat interaksi dengan konsumen merupakan upaya penting yang dapat dilakukan. Di antaranya dapat dilakukan melalui berbagai program, seperti iklan dan acara TV, live stream, serta kolaborasi lainnya," paparnya.
 
Selain paling diingat oleh para konsumen, Shopee juga menjadi platform yang banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk menjalankan bisnis online-nya. Banyaknya pelaku usaha yang masuk ke ranah online membuat produk yang dijual di Shopee juga lebih variatif sehingga berhasil memimpin hasil riset dalam penjualan beberapa kategori produk.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif