Perusahaan teknologi Gojek terus melakukan inovasi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan mitra Gojek. Foto: Dok.MI
Perusahaan teknologi Gojek terus melakukan inovasi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan mitra Gojek. Foto: Dok.MI

Gojek Kembangkan Inovasi Cegah Orderan Fiktif untuk Proteksi Mitra

Ekonomi gojek Keamanan Gawai
Annisa ayu artanti • 25 Oktober 2020 18:47
Jakarta: Perusahaan teknologi Gojek terus melakukan inovasi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan mitra Gojek.
 
Hal ini dinilai perlu dilakukan lantaran di kondisi sulit, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang pada akhirnya merugikan para mitra Gojek. Adapun perlindungan yang diberikan tersebut adalah Gojek Shield.
 
Head of Driver Operations Trust & Safety Gojek Kelvin Timotius menjelaskan inovasi itu berupa fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama yang dapat mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui fitur tersebut keamanan dan kenyamanan mitra dalam bekerja akan terjaga sehingga dapat turut meningkatkan kualitas layanan dan keamanan bagi pengguna ekosistem Gojek secara keseluruhan.
 
"Teknologi machine learning dan kecerdasan buatan telah kami manfaatkan untuk mendeteksi serta menindak berbagai tindakan curang yang merugikan mitra driver, termasuk di antaranya order fiktif dan penggunaan perangkat ilegal," kata Kelvin melalui keterangan resminya, Minggu, 25 Oktober 2020.
 
Ia menjelaskan pengembangan inovasi Gojek Shield dilakukan berdasarkan aspirasi serta kebutuhan mitra driver di lapangan. Adapun sebelum teknologi ini diluncurkan telah ada teknologi sejenis yang sudah banyak membantu meningkatkan keamanan mitra, misalnya lewat fitur verifikasi muka dan penyamaran nomor telepon.
 
"Keberadaan fitur keamanan yang terdapat dalam Gojek Shield menjadikan 92 persen mitra Gojek merasa akun mereka lebih aman," ucapnya.
 
Selain teknologi itu, Gojek juga mengoperasikan teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis. Teknologi Gojek itu telah mampu mendeteksi dan menindak secara otomatis mitra yang menggunakan perangkat ilegal.
 
Apabila terdeteksi sistem, pengguna perangkat ilegal akan mendapat sanksi bertahap mulai dari penonaktifan akun sementara sampai dengan pemutusan kemitraan.
 
"Selain mendukung dan melindungi mitra-mitranya yang telah bekerja keras dengan jujur, memanfaatkan teknologi Gojek Shield, tim Gojek juga proaktif dalam mencegah risiko keamanan dan membantu pihak berwajib untuk mengungkap keberadaan sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Cyber Crime - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Dhany Aryanda mengatakan kolaborasi dengan Gojek Shield mampu mendeteksi penggunaan aplikasi terlarang. Oknum yang menggunakan aplikasi tersebut kemudian dilaporkan kepada kepolisian, setelah itu akan ditindaklanjuti.
 
Pengembangan inovasi teknologi oleh Gojek tersebut, menjadi suatu dukungan yang baik sehingga memudahkan lembaga penegak hukum menangkap sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal yang beroperasi di Jabodetabek.
 
"Proses penyelidikan atas kasus ini telah selesai dan saat ini para tersangka tengah menjalani proses peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kami mengapresiasi langkah cepat Gojek dalam melaporkan perkara ini sehingga dapat meminimalisir dampak kerugian yang menimpa masyarakat dan industri transportasi online secara umum," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif