Ilustrasi. Foto: AFP.
Ilustrasi. Foto: AFP.

Mengelola Gaji Karyawan secara Digital

Ekonomi aplikasi ekonomi digital
Eko Nordiansyah • 12 Maret 2020 20:26
Jakarta: Asia Impact Development Co., Ltd. (AID) melalui PT Beever System Indonesia menyediakan teknologi pengelolaan keuangan karyawan berbasis digital yang memungkinkan penarikan gaji di muka (kasbon gaji) secara real time berdasarkan jumlah hari kerja dalam bulan berjalan. Tahun ini targetnya ada 100 ribu pengguna aplikasi.
 
Founder dan CEO AID Hitoshi Sugamoto mengatakan saat ini sudah ada lima perusahaan yang bekerja sama untuk penggeloaan gaji karyawannya. Meski tak merinci perusahaan apa, dirinya menyebut total ada 2.000 karyawan yang akan menggunakan layanan ini. Belum lagi beberapa perusahaan yang tengah menjajaki kerja sama dengan Beever.
 
"Sudah ada beberapa yang request dan kita sedang proses. Ada beberapa perusahaan, jenisnya campuran juga, ada yang perusahaan (asal) Jepang. Ada juga joint venture antara perusahaan Jepang dan perusahaan Indonesia," ujar Sugamoto di Jakarta, Kamis, 12 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menjelaskan untuk mewujudkan teknologi tersebut menjadi solusi bagi para karyawan Beever bekerja sama dengan institusi keuangan berlisensi sebagai pihak penyedia dana. Salah satunya adalah dengan OttoCash selaku penerbit uang elektronik yang telah memiliki izin dari Bank Indonesia.
 
Teknologi ini rencananya akan dapat terintegrasi dengan instrumen uang elektronik sebagai sarana pencairan kasbon gaji tersebut. Dengan demikian, karyawan dapat melakukan transaksi secara mudah tanpa perlu ke lokasi ATM untuk mengambil uang tunai.
 
Kehadiran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) akan semakin melengkapi kemudahan pembayaran di merchant-merchant yang sudah berpartisipasi. Berbagai hal tersebut diharapkan dapat mendorong perilaku karyawan atau konsumen pada umumnya untuk bertransaksi secara cashless.
 
Sugamoto menambahkan dengan teknologinya karyawan tidak perlu lagi khawatir menunggu kapan waktu gajian tiba untuk menutupi kebutuhannya. Penarikan gaji di muka dapat dilakukan secara aman, mudah dengan biaya admin rendah, serta cair dalam waktu singkat yang dapat digunakan untuk kebutuhan dana mendesak. Kemudian, karyawan melunasi dengan cara pemotongan gaji melalui sistem informasi HRD dari perusahaan yang bekerja sama.
 
"Dengan teknologi ini kami membawa slogan 'Bebas Pilih Kapan Tanggal Gajianmu' dan tantangan berikutnya adalah mengembangkan solusi HR yang inovatif dengan berbagai instrumen keuangan lainnya," ungkapnya.
 
Sementara itu, Direktur OttoCash Yulius Purnama mengatakan saat ini pihaknya tengah mempelajari teknologi unggulan dari Beever yaitu penarikan gaji di muka dengan pemanfaatan uang elektronik sebagai sarana pencairan kasbon gaji.
 
"Saat ini kami tengah melakukan evaluasi berbagai bentuk potensi kerja sama untuk diimplementasikan ke aplikasi-aplikasi partner yang telah bekerja sama dengan OttoCash," tegas Yulius.
 
AID dan OttoCash berharap potensi kolaborasi ini dapat terwujud dan mendorong pertumbuhan keuangan inklusif, sekaligus mengajak lebih banyak pihak untuk terlibat dan berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di masa datang.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif