Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Toko Daring Jual Rapid Test Seharga Rp7,5 Juta

Ekonomi Virus Korona
Annisa ayu artanti • 23 Maret 2020 20:12
Jakarta: Beberapa toko daring (online) yang berada di bawah marketplace Shopee telah menjual alat deteksi cepat virus korona (rapid test). Mereka menjual dengan kisaran harga beragam, mulai dari Rp165 ribu hingga Rp7,5 juta.
 
Berdasarkan penelusuran tim Medcom.id, Senin, 23 Maret 2020, sekitar tujuh toko online terpantau menjual alat rapid test tersebut.
 
Akun Vanderisme yang berlokasi di Jakarta Barat menjual alat tes virus korona dengan harga Rp165 ribu. Dalam tokonya tersebut ia mengklaim bahwa alat tes virus korona yang bernama Kaset Tes Cepat COVID-19 IgS/IgM tersebut akurat 99 persen. Dia menjelaskan, hasil tes dapat diperoleh dalam waktu 2-10 menit.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, setelah diselidiki lebih lanjut ternyata alat tes tersebut tidak tersedia saat ini (ready stock). Pembeli harus melakukan pemesanan barang atau pre-order 15 hari untuk mendapatkan alat tes korona itu.
 
"PO (preorder) 15 hari. Untuk estimasi tiba 7 April," kata pesan otomatis toko tersebut.
 
Ia pun mengklaim harga alat tes itu paling murah. Bahkan ia berani memberikan harga grosir Rp123 ribu per pieces (pcs) untuk pembelian 3.000 buah.
 
Sama halnya di Kota Malang. Akun itsvinz88 juga menjual rapid test corona covid-19 human kit. Ia menjual alat deteksi korona dengan sistem preorder dengan kisaran harga Rp250 juta sampai Rp1,1 juta.
 
Dalam keterangan pembelian, satu set alat tes terdiri dari satu buah palet kit, satu buah jarum, satu buah alkohol pad, satu buah pipet, dan satu botol dilution buffer (untuk darah).
 
Namun sayangnya ketika tim Medcom.id mencoba memesan, sang penjual mengatakan barang tersebut sudah laku terjual 1.000 pcs. Ia pun menawarkan untuk pembelian kloter kedua.
 
"Nanti saya buka lagi kloter kedua, minggu depan," ucapnya.
 
Sementara di Jakarta Barat, tim Medcom.id juga menemukan penjual rapid test dengan harga fantastis yakni Rp7,5 juta. Ia menjual dalam bentuk kardusan yakni satu boks berisi 25 set rapid test. Dia mengklaim penggunaan rapid test dapat mengindentifikasi seseorang terkena virus korona dalam waktu 15 menit.
 
Sedangkan di beberapa marketplace seperti Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia, penjualan alat tes korona ini tidak tersedia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif