QR atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Foto ; AFP.
QR atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Foto ; AFP.

DANA Terapkan Sistem Pembayaran Berbasis QRIS

Ekonomi start up technology
Husen Miftahudin • 10 Maret 2020 16:14
Jakarta: Dompet digital DANA menjadi salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang 100 persen menerapkan standardisasi scan kode QR atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Dengan ini maka seluruh pengguna DANA dapat melakukan transaksi di merchant-merchant yang menyediakan kode QR bertanda QRIS dari PJSP manapun.
 
Chief Legal and Compliance Officer DANA Dina Artarini mengatakan penerapan sistem pembayaran berbasis QRIS oleh DANA merupakan bentuk wujud keseriusan pihaknya dalam mendukung laju peningkatan inklusi dan kompetensi ekonomi digital Indonesia.
 
"Penerapan QRIS merupakan kebijakan dan langkah strategis Bank Indonesia yang sudah seharusnya mendapatkan dukungan penuh oleh semua bagian ekosistem perekonomian nasional. Melalui penerapan QRIS, pemberdayaan ekonomi berbasis teknologi digital akan mampu menyentuh lapisan dan segmen masyarakat yang makin luas," jelas Dina dalam Media Briefing Pekan QRIS Nasional 2020 di MBloc Space, Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, implementasi QRIS berperan signifikan dalam mengakselerasi kelancaran transaksi nontunai digital di lebih dari 100 ribu mitra bisnis DANA yang berasal dari berbagai skala usaha. Mulai dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga hingga perusahaan besar.
 
Selain itu, sambungnya, penerapan QRIS dapat menjadi jembatan yang efektif dalam mengedukasi masyarakat untuk mengenal konsep dompet digital secara utuh. Selain praktis, pengguna dompet digital juga bisa dengan mudah melakukan isi ulang saldo.
 
"Kami meyakini, kepercayaan masyarakat terhadap pembayaran berbagai transaksi secara digital melalui QRIS akan meningkat pesat dengan adanya edukasi kepada masyarakat luas," harap Dina.
 
Sejak penerapan pertama QRIS di DANA sampai saat ini, terdapat sebanyak 28 persen transaksi di merchant-merchant DANA berasal dari pengguna layanan PJSP lain. Sementara, angka interoperable ratio DANA untuk mesin PJSP berbeda atau off us sebesar 10 persen.
 
"Kami optimistis implementasi QRIS dan teknologi DANA akan berhasil menggugah kesadaran bagi seluruh pelaku ekonomi digital di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat nontunai yang semakin inklusif," tutup dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif