Foto: dok MI/Pius Erlangga.
Foto: dok MI/Pius Erlangga.

Pertamina Jaring Startup Wirausaha dan UMKM dari Kalangan Milenial

Ekonomi pertamina Wirausaha startup UMKM Ekonomi Digital
Ade Hapsari Lestarini • 09 November 2020 20:55
Jakarta: PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan meluncurkan program Pertamina Youthpreneur 2020. Program ini ditujukan untuk menjaring potensi wirausaha dan UMKM dari kalangan generasi milenial, dengan maksimal usia 40 tahun agar bisa terus tumbuh dan mandiri.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan program ini merupakan pilot project Pertamina dengan menggandeng startup digital. Para peserta akan diberi pembekalan dan pendampingan untuk mengembangkan usahanya. "Sehingga dapat mendukung perkembangan ekosistem startup di Indonesia lebih pesat lagi," kata dia, dalam keterangan resminya, Senin, 9 November 2020.
 
Fajriyah menambahkan untuk dapat mengikuti Pertamina Youthpreneur 2020, perlu ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi calon peserta. Di antaranya yakni startup tersebut telah berjalan selama minimal enam bulan dan pemilik startup merupakan warga negara Indonesia (WNI). Setelah itu barulah peserta yang memenuhi kriteria akan di seleksi hingga menjadi 30 startup yang berhak mengikuti Pertamina Youthpreneur 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sosialisasi Program Kemitraan, diawali dengan diadakannya program Next Generation. Acara ini merupakan salah satu rangkaian Pertamina Youthpreneur, yang berlangsung di sejumlah kampus di Indonesia selama Oktober tiap akhir pekan. "Dalam program ini peserta diberikan waktu 54 jam untuk membuat sebuah startup dan mengembangakan ide bisnisnya," imbuh Fajriyah.
 
Adapun roadmap terakhir yakni program Pertamina Youthpreneur 2020. Acara ini merupakan tahap akhir dari rangkaian program sebelumnya. Tahap ini merupakan akselerasi startup untuk validasi model bisnis startup dengan memberikan dukungan intensif langsung serta akses pinjaman modal usaha dari Program Kemitraan Pertamina hingga Rp200 juta.
 
Fajriyah mengatakan, seluruh sektor industri dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Pendaftaran telah dibuka dan ditutup pada 18 November 2020. Bagi peserta yang berminat mendaftarkan startup, bisa membuka laman https://bit.ly/pertamina-youthpreneur-2020 untuk melakukan pendaftaran.
 
"Mari berkontribusi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa dengan mengembangkan ekosistem startup yang mandiri dan unggul," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif