Ilustrasi produk kopi Indonesia - - Foto: dok MI
Ilustrasi produk kopi Indonesia - - Foto: dok MI

Jokowi Minta Kopi dan Cokelat Ikut Dihilirisasi

Annisa ayu artanti • 28 April 2022 14:02
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong proses hilirisasi untuk komoditas kopi dan cokelat guna meningkatkan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian daerah.
 
"Percepat proses hilirisasi industri yang dilakukan di dalam negeri. Daerah-daerah yang memiliki pertambangan didorong agar mereka membangun smelter. Daerah-daerah yang memproduksi cokelat, kopi," kata Jokowi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2022, Kamis, 28 April 2022.
 
Jokowi percaya dengan mendorong komoditas-komoditas tersebut masuk ke industri akan menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Ia pun mengimbau untuk menyetop kegiatan ekspor bahan mentah atau raw material.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali lagi saya ingatkan jangan kita hanya menjadi pengekspor bahan mentah, pengekspor raw material. Setop!" ujarnya.
 
Di sisi lain, Jokowi juga meminta peningkatan produktivitas dan kemandirian di sektor pangan dan energi. Dua sektor ini harus menjadi fokus dan dikawal secara ketat oleh kementerian dan lembaga terkait.
 
"Kita harus ingat semuanya ke depan problem global, problem dunia adalah dua, pangan dan energi. Ini yang sangat kritis di dua hal ini. dan kita memiliki kekuatan di sini," pungkas dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif