Illustrasi. MI/Adam Dwi.
Illustrasi. MI/Adam Dwi.

Kinerja Rugi, MDIA Tak Bagi Dividen

Ekonomi emiten
Eko Nordiansyah • 29 Mei 2019 20:47
Jakarta: PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) induk stasiun televisi ANTV memutuskan untuk tidak membagi dividen dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2018. Hal ini lantaran perseroan mengalami rugi bersih sebesar Rp140,6 miliar untuk tahun buku 2018.
 
"Berdasarkan hal di atas, karena membukukan rugi bersih, maka perseroan tidak dapat membagikan dividen untuk tahun buku 2018," kata Direktur MDIA, RM Harlin Erlianto Rahardjo dalam RUPST di Gedung Bakrie Tower, Jakarta Selatan, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Dirinya menambahkan pendapatan perusahaan mengalami penurunan pada tahun lalu dari Rp1,99 triliun pada 2017 menjadi Rp1,82 triliun. Sementara itu, laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) pada 2018 masih tercatat positif sebesar Rp381,4 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat bahwa kerugian bersih ini terjadi di bottom line, tapi dari sisi usaha, EBITDA perseroan masih positif. Secara operasional perusahaan masih untung tapi ada beban lain di bawah EBITDA yang membuat perseroan rugi bersih," jelas dia.
 
Sebanyak 91 persen dari total pemegang saham yang hadir menyepakati keputusan perseroan yang tak membagikan dividen. Harlin menjelaskan, anggaran dasar perseroan mengatur dividen hanya bisa dibagikan jika membukukan saldo laba positif pada akhir tahun buku.
 
"Pembagian dividen tergantung kepada keuntungan perseroan, tingkat kecukupan modal, kondisi keuangan dan hal-hal lain sesuai dengan pertimbangan direksi serta sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya.
 
Selama 2018, ANTV mempertahankan peringkat sebagai stasiun televisi Tier-1 free to air (FTA) dengan rata-rata pangsa pemirsa sebesar 13,6 persen. Sedangkan pada April 2019, rata-rata pangsa pemirsa stasiun televisi miliki keluarga Bakrie tercatat sebesar 10,7 persen.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif