Ilustrasi (MI/Atet Dwi Permata)
Ilustrasi (MI/Atet Dwi Permata)

Hero Rugi Rp3,5 Triliun di Kuartal I-2019

Ekonomi hero supermarket
Annisa ayu artanti • 30 April 2019 10:34
Jakarta: PT Hero Supermarket Tbk mencatat rugi sebesar Rp3,5 triliun pada kuartal I-2019. Rugi tersebut di antaranya disebabkan oleh melemahnya bisnis makanan saat ini. Tentu diharapkan kerugian tersebut bisa diperbaiki dan nantinya Hero mampu mencetak keuntungan.
 
Walau masih mencatatkan kerugian, Presiden Direktur Hero Supermarket Patrik Lindvall mengatakan penjualan untuk periode ini lebih baik daripada kuartal I-2018. Tercatat dalam laporan keuangan perusahaan, total penjualan pada kuartal pertama 2019 ini meningkat 0,5 persen menjadi Rp3,06 triliun.
 
Pada kuartal I-2018, lanjut Patrik, penjualan tercatat Rp3,04 triliun. "Penjualan untuk periode ini sedikit lebih baik dari periode yang sama tahun lalu," kata Patrik, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 30 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari dua lini bisnis yang dikerjakan yaitu makanan dan nonmakanan, tercatat bisnis nonmakanan tumbuh dengan baik. Penjualan pada bisnis nonmakanan meningkat secara substansial yakni naik 21 persen menjadi Rp715 miliar di mana Guardian dan IKEA menunjukkan pertumbuhan yang baik.
 
Guardian menjalankan serangkaian promosi kategori kecantikan yang dinilai sukses. Di sisi lain profitabilitas IKEA lebih rendah terutama karena meningkatnya biaya barang dibandingkan dengan tahun lalu dan biaya pra-pembukaan yang dikeluarkan untuk toko baru yang sedang dibangun.
 
Sementara penjualan makanan tercatat lima persen lebih rendah menjadi Rp2,34 triliun. Penurunan kinerja bisnis makanan dipengaruhi oleh peluncuran rencana konsolidasi toko yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas dari waktu ke waktu.
 
"Bisnis makanan mencatat kerugian operasi sebesar Rp64 miliar di luar biaya-biaya perseroan yang tidak dialokasikan, dibandingkan dengan Rp87 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya," pungkas dia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif