Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Pasar Saham Indonesia Diperkirakan Masih Minim Tenaga

Ekonomi ihsg
Angga Bratadharma • 03 Januari 2019 09:25
Jakarta: Mengawali awal tahun, indeks Dow Jones semalam akhirnya ditutup menguat tipis atau datar setelah sempat turun 400 poin. Sedangkan indeks utama saham Amerika Serikat (AS) lainnya yakni S&P500 dan Nasdaq naik tipis dengan masing-masing 3,18 poin dan 30,66 poin.
 
Bursa acuan di wilayah Eropa, Samuel Research Team mengungkapkan, sebagian besar ditutup melemah menyusul rilisnya data PMI Euro sebesar 51,4 atau turun secara MoM dari 51,8 dan Chinese Factory Activity yang dilaporkan melemah pertama kalinya sejak 19 bulan terakhir. Pagi ini, pasar APAC yang telah beroperasi perdagangannya ditransaksikan melemah.
 
Sementara itu, Samuel Research Team menambahkan, dari pasar dalam negeri, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin ditutup turun di tengah rilisnya data inflasi yang dilaporkan sebesar 3,13 persen YoY atau lebih rendah dibandingkan dengan November 2018 sebesar 3,23 persen YoY.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Naiknya data manufaktur PMI Indonesia menjadi 51,2 dari 50,4 di bulan sebelumnya, masih belum mampu menjadi katalis kuat di tengah aksi net buy asing sebesar Rp207,5 miliar. Hari ini, Samuel Research Team memperkirakan IHSG akan cenderung bergerak datar di tengah minimnya katalis awal tahun.
 
"Nilai tukar rupiah ditransaksikan pada Rp14.458 atau melemah dari Rp14.390 di hari sebelumnya, sedangkan EIDO naik 1,7 persen," ungkap Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 3 Januari 2019.
 
Dari pasar komoditas, harga emas menyentuh angka 6,5 bulan tertingginya didorong naiknya selera pasar pada instrumen safe haven tersebut, di tengah meningkatnya kekhawatiran perlambatan aktivitas ekonomi dunia. Harga minyak dunia meningkat 2,5 persen di tengah ekspektasi turunnya ekspor minyak dari Saudi Arabia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif