Illustrasi. MI/Panca.
Illustrasi. MI/Panca.

BTN Bakal Akuisisi Perusahaan Modal Ventura

Ekonomi perbankan btn
Annisa ayu artanti • 22 April 2019 20:08
Jakarta: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tidak akan melakukan akuisisi asuransi umum dan asuransi jiwa di tahun ini. Bank BTN tahun ini berencana mengakuisisi perusahaan modal ventura (ventura capital). Perusahaan modal ventura adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendanaan bagi para perusahaan rintisan atau startup.
 
Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan mengakuisisi perusahaan modal ventura karena memberikan mafaat besar kepada BTN. Menurut Maryono, akuisisi perusahaan modal ventura akan menoptimalisasi penggunaan teknologi informasi yang ada.
 
"Kita setelah ini, kita sedang menjajaki kemungkinan kita membangun ventura capital," kata Maryono di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 22 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maryono juga mengatakan aksi akuisisi dipilih perusahaan karena bila dibandingkan dengan pembentukan perusahaan waktu yang diperlukan akan jauh lebih lama dan lebih susah.
 
"Akuisisi, bangun itu kan dari awal lebih sulit," ucap dia.
 
Maryono pun belum mau menyebutkan perusahaan modal ventura mana yang akan diakuisisi oleh BTN tersebut. Saat ini ada beberapa perusahaan yang sudah menjadi incaran BTN.
 
"Banyak (perusahaan) tidak harus Bahana," ujar dia.
 
Ia menambahkan melalui akuisisi perusahaan modal ventura, perusahaan perbankan pelat merah itu akan lebih leluasa untuk memiliki saham dari perusaaahan fintech seperti LinkAja dan ATM Link.
 
"Misalnya ada LinkAja, kita bisa masuk ke pemegang saham di link atau pemegang saham dari Jalin ATM," jelas dia.
 
"Kalau kita sudah punya modal ventura akan bisa lebih mudah kerja sama, baik kerja sama dalam bentuk membangun digital ekosistem dan sebagainya," pungkas dia.
 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif