Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.
Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.

Terdorong The Fed, IHSG dan Rupiah Menguat

Ekonomi ihsg kurs rupiah
21 Maret 2019 17:19
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali bertengger di level 6.500-an pada penutupan perdagangan hari ini. Gerak IHSG sejalan dengan mata uang rupiah yang naik pada penutupan hari ini. Kenaikan keduanya karena sentimen tetapnya suku bunga acuan Fed hingga akhir tahun ini.
 
IHSG berada pada level 6.501 atau naik 19,07 persen. Volume perdagangan sebesar 12 miliar lembar saham dengan nilai Rp7,2 triliun. Sebanyak 211 saham naik, 205 saham turun, 155 saham tak bergerak, serta 131 saham tak diperdagangkan. Sektor saham industri dasar naik paling tinggi dan perkebunan anjlok terdalam.
 
Hasil pertemuan Federal Reserve Rabu waktu setempat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan memproyeksikan tidak akan ada kenaikan suku bunga di 2019. Hal ini juga semakin membuka peluang Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga acuan di tahun ini dan akan memberikan sentimen yang positif terhadap pasar modal Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami memperkirakan hari ini IHSG berpeluang menguat. Pasar juga menunggu hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI hari ini yang kami perkirakan mempertahankan suku bunga acuan," ungkap Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.
 
The Fed mempertahankan suku bunga acuannya setelah mengakhiri pertemuan kebijakan selama dua hari, dalam sebuah langkah yang memenuhi ekspektasi pasar dan mencerminkan pendekatan 'sabar' bank sentral mengenai perubahan kebijakan moneternya.
 
Saham-saham memangkas kerugian awal mereka dan berubah positif tidak lama setelah pengumuman kebijakan terbaru bank sentral karena para pedagang menyambut sikap the Fed yang lebih akomodatif. Namun, tidak semua indeks utama berhasil mengamankan kenaikan mereka pada penutupan.
 
Pengumuman the Fed juga menyeret imbal hasil obligasi pemerintah yang mendorong saham-saham bank menurun. Saham FedEx merosot 3,49 persen pada penutupan, atau kembali naik dari posisi terendah. Perusahaan layanan pengiriman paket AS ini melaporkan hasil kuartal fiskal ketiga setelah penutupan perdagangan Selasa.
 
Di sisi lain Bloomberg mencatat mata uang rupiah naik 47,5 poin dengan berada pada Rp14.140 per USD. Yahoo Finance melansir mata uang rupiah naik 45 poin dengan berada pada Rp14.135 per USD. Kemudian Bank Indonesia mencatat mata uang rupiah menguat dengan berada pada Rp14.102 per USD.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif