Illustrasi. Dok : PSSI.
Illustrasi. Dok : PSSI.

PSSI Ingin Seluruh Klub Bola 'Merumput' di Pasar Modal Indonesia

Ekonomi pssi pasar modal
Annisa ayu artanti • 17 Juni 2019 20:10
Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menginginkan seluruh klub bola Indonesia masuk ke pasar modal. Hal itu guna membuat perusahaan atau klub menjadi lebih transparan dari kondisi saat ini.
 
Plt Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyampaikan Bali United telah menjadi pionir bagi klub sepakbola Indonesia yang masuk ke industri pasar modal.
 
Menurutnya, dengan melantai di bursa maka perusahaan akan dituntut lebih transparan dan akuntable dalam memberikan segala informasi mengenai klub, seperti laporan keuangan, aksi korporasi serta kegiatan perusahaan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika sebuah klub melepas sahamnya, akan menjadi semakin terbuka, dituntut makin akuntable, dan transparan," kata Iwan di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.
 
Iwan meyakini ketika semua klub memiliki transparansi seperti klub yang sudah melepas saham di bursa maka industri sepakbola akan semakin besar.
 
Setidaknya, Iwan Bilang kegiatan klub akan diawasi poleh pemegang saham. Perusahaan pun akan berusaha untuk menyampaikan informasi dengan sebenar-benarnya.
 
"Buat sepakbola Indonesia, kalau klub melepas saham, dia akan diawasi minimal oleh publik pemegang saham. Kalau semua klub diawasi seperti itu, otomatis mereka adalam pembukuannya akan menyampaikan setiap tahun apa yang digunakan uangnya yang didapat dari publik untuk apa saja," jelas Iwan.
 
Iwan menambahkan, saat ini untuk mengulik informasi satu klub sepakbola sangat susah. Apalagi informasi mengenai dana yang dibelanjakan dan laporan keuangan.
 
"Karena sekarang susah untuk mengetahui sebuah klub mereka membelanjakan uangnya. Untuk mendapatkan financial fair play itu kita tidak mengetahui. Tapi begitu IPO, dia membuat laporan keuangan itu bagus untuk sepakbola Indonesia," tukas dia
 
Setelah Bali United, terdapat beberapa klub sepakbola yang disinyalkan masuk ke pasar modal. Tiga di antaranya adalah Arema FC, Persija, dan Persib.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif