Rupiah. ANT/Zabur Karuru.
Rupiah. ANT/Zabur Karuru.

Sentimen Kenaikan Suku Bunga Fed Dorong Kejatuhan Rupiah

Ekonomi the fed
19 Maret 2018 16:46
Jakarta: Mata uang rupiah melemah pada penutupan perdagangan hari ini. Kenaikan dolar indeks yang terbantu sentimen dari rapat The Fed akan memperlemah mata uang rupiah. Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 bps.

Bloomberg, Senin 19 Maret 2018, mencatat mata uang rupiah melemah 14 poin atau 0,10 persen terhadap dolar AS dengan berada pada Rp13.765 per USD. Yahoo Finance melansir mata uang rupiah juga melemah 21 poin atau 0,15 persen dengan berada pada Rp13.764 per USD. Bank Indonesia merekam mata uang rupiah stagnan dengan berada pada Rp13.765 per USD.

Kenaikan dolar indeks diperkirakan akan memperlemah mata uang rupiah. Dolar AS diperkirakan menguat hari ini jelang rapat Federal Open Market Commitee The Fed besok yang diperkirakan akan menaikkan tingkat suku bunga acuan Fed Fund Rate sebesar 25 bps.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Analis Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan data industrial production indeks AS yang kuat di Februari naik 1,1 persen (mom) dibandingkan pada Januari sebesar minus 0,3 persen (mom) juga diperkirakan dapat membantu kinerja dolar dibandingkan mata uang utama dunia lainnya. Samuel pun memperkirakan mata uang rupiah kemungkinan bergerak melemah terhadap dolar seiring sentimen positif terhadap dolar tersebut. "Rupiah kemungkinan bergerak di rentang Rp13.730 per USD-Rp13.780 per USD," terang Samuel.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi