Sepekan, BEI Catat Rata-Rata Nilai Transaksi Naik 30,75%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat rata-rata nilai transaksi saham harian selama periode 23 hingga 27 April 2018 menguat sebanyak 30,75 persen menjadi Rp8,52 triliun dari Rp6,51 triliun pada periode pekan sebelumnya. Rata-rata volume transaksi saham harian di BEI sepekan terakhir juga meningkat 13,67 persen menjadi 9,85 miliar unit saham.

Mengutip keterangan tertulis BEI, di Jakarta, Sabtu, 28 April 2018, rata-rata frekuensi transaksi saham harian di BEI sepekan terakhir meningkat 0,65 persen menjadi 399,77 ribu kali transaksi dari 397,17 ribu kali transaksi sepekan sebelumnya. Di sisi lain, nilai kapitalisasi pasar BEI berubah 6,77 persen menjadi Rp6.588,52 triliun di posisi akhir pekan ini.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di penutupan akhir pekan ini ikut berubah sebesar 6,6 persen menjadi 5.919,23 poin dari 6.337,69 poin pada akhir pekan sebelumnya. Investor asing banyak mengakumulasi jual bersih dengan nilai Rp5,3 triliun, sehingga sepanjang tahun ini total nilai jual bersih investor asing sudah mencapai Rp33,31 triliun.    



Sementara itu, sepanjang pekan ini BEI meresmikan lima galeri investasi demi memperluas inklusi pasar modal kepda masyarakat. Sepanjang tahun ini BEI telah meresmikan 50 galeri investasi di seluruh Indonesia. Galeri ini diharapkan memberi efek positif terhadap peningkatan literasi keuangan secara khusus pasar modal.

Dengan peresmian ini maka sampai dengan saat ini BEI telah memiliki 372 galeri investasi di seluruh Indonesia. Pada 2018, BEI telah meresmikan 41 galeri investasi di kampus dari total 362 Galeri Investasi BEI kampus di Indonesia.

Tidak hanya di kampus, BEI juga telah mendirikan galeri investasi di luar kampus. Saat ini BEI telah memiliki enam galeri investasi BEI Non Kampus, dua galeri investasi BEI di pasar tradisional, satu galeri investasi di rumah sakit, dan satu galeri investasi di emiten.

Tujuan pendirian galeri investasi di luar kampus adalah untuk memperluas jangkauan dalam rangka edukasi kepada publik. Adapun pembukaan Galeri Investasi BEI tidak hanya di perguruan tinggi namun juga di komunitas, institusi, dan lembaga lainnya.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id