OJK Dorong Pengembangan Perusahaan Efek Daerah

Ilham wibowo 10 Agustus 2018 10:55 WIB
ojk
OJK Dorong Pengembangan Perusahaan Efek Daerah
Ketua DK-OJK Wimboh Santoso (MI/RAMDANI)
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya merumuskan dan melaksanakan kebijakan yang tepat dalam mempercepat pertumbuhan dan peningkatan peran industri pasar modal dalam perekonomian nasional. Beberapa kebijakan bakal jadi prioritas yang salah satunya adalah pengembangan perusahaan efek di level daerah.

"Untuk mewujudkan cita-cita menjadikan pasar modal yang kuat dan berperan signifikan mendukung pembiayaan pembangunan, menjaga stabilitas sistem keuangan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, saat menghadiri perayaan HUT Pasar Modal Indonesia, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat, 10 Agustus 2018.

Adapun berbagai kajian dilakukan dalam menerapkan kebijakan di industri pasar modal. Landasan pengaturan bagi kegiatan equity crowdfunding di pasar modal dilakukan melalui pengembangan perusahaan efek pada level daerah.

Pengembangan sektor ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui penciptaan lapangan kerja baru di daerah. Tak hanya itu, kehadiran perusahaan efek juga ditujukan dalam mencegah terjadinya investasi bodong.

"Mendorong pendirian perusahaan efek daerah untuk mengakselerasi pertumbuhan jumlah investor retail di daerah, meningkatkan tingkat literasi, dan inklusi pasar modal di daerah," ujarnya.

Ia melanjutkan OJK juga fokus dalam pengembangan instrumen pasar modal sesuai kebutuhan pemerintah dalam menyediakan pendanaan. Sektor prioritas seperti industri berorientasi ekspor, industri substitusi barang impor, pariwisata, perumahan dan sektor komoditas telah dimasukkan dalam tujuan pengembangan.

"Alternatif instrumen pembiayaan diberikan bagi perusahaan dan instrumen investasi bagi pemodal profesional dengan mengeluarkan peraturan terkait penawaran umum efek bersifat utang dan atau sukuk," ungkapnya.

Lebih lanjut, OJK juga menyiapkan dasar pengaturan bagi pendirian lembaga pendanaan efek. Likuiditas dan stabilitas pasar bakal meningkat melalui penguatan infrastruktur transaksi margin dan short selling.

"Mengembangkan instrumen dan pasar derivatif di pasar modal untuk memberikan kenyamanan bagi investor nonresiden untuk berinvestasi di pasar modal," pungkas Wimboh.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id