OJK Periksa Emiten yang Harga Sahamnya Naik saat IPO
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memeriksa emiten-emiten yang harga sahamnya naik tidak wajar ketika melakukan proses penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan pemeriksaan yang dilakukan OJK tersebut merupakan tindak lanjut dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait emiten-emiten itu.

"Lagi diperiksa, kan bursa lagi melakukan pemeriksaan. Sekarang sudah lapor ke kita, sedang kita pelajari," kata Hoesen di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Hoesen berharap electronic bookbuilding yang saat ini sudah masuk tahap finalisasi bisa terimplementasikan secepatnya sehingga membuat kegiatan IPO lebih transparan dan pendistribusian saham lebih merata.

"Makanya kita bikin electronic bookbuilding. Kan itu kalau sudah ada, nanti transparan pembagiannya. Selagi belum, ya kita lihat dulu," ujar dia.

Sejauh ini bursa sudah bereaksi terhadap saham-saham emiten yang melonjak tajam usai diperdagangkan pertama kali di bursa. Bursa telah melakukan unusal market activity (UMA) terhadap saham-saham yang memiliki pergerakan yang tidak biasa dan melakukan penghentian perdagangan sementara (suspensi).

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id