Ilustrasi The Fed. (FOTO: AFP)
Ilustrasi The Fed. (FOTO: AFP)

Pasar Saham Dunia Menanti Pertemuan The Fed

Ekonomi ihsg the fed
Ade Hapsari Lestarini • 19 Maret 2019 10:17
Jakarta: Investor di pasar saham dunia saat ini sedang menanti hasil pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve, yang digelar Selasa dan Rabu waktu setempat.
 
"Pasar masih menunggu hasil pertemuan Fed Rabu ini. Untuk bulan ini kami perkirakan Fed tidak akan menaikkan suku bunga (tetap pada level 2,5 persen)," ujar Tim Analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Pada perdagangan pagi ini bursa Asia rata-rata dibuka melemah tipis. Di Inggris, Bank of England juga akan mengadakan pertemuan minggu ini dan juga diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara di Asia, sentral bank di Indonesia, Filipina, dan Thailand juga akan mengadakan pertemuan dan pasar saat ini mengantisipasi kemungkinan terjadinya pemotongan suku bunga di bulan-bulan mendatang.
 
"Hal ini didukung oleh data inflasi yang rendah di Asia," tambah analisa tersebut.
 
Selain itu harga minyak diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam empat bulan terakhir mengantisipasi perpanjangan pemotongan produksi oleh OPEC+. Sementara harga emas stabil di USD1.303 per ons.
 
Di sisi lain Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,75 persen ke level 6.509 yang disertai dengan net buy asing yang mencapai Rp705,9 miliar di pasar reguler. Sementara itu di AS, Dow berhasil menguat empat hari berturut-turut, walaupun harga saham Boeing masih melemah.
 
"Kami perkirakan IHSG masih akan menguat mengikuti penguatan kemarin yang disertai net buy asing yang cukup tinggi," tuturnya.
 
Pagi ini gerak IHSG terkoreksi 21,038poin atau setara 0,323 persen ke posisi6.488 dari pembukaan yang sempatberada di level 6.515.
 
Volume perdagangan tercatat sebanyak4,2 miliar lembar saham senilai Rp1,9triliun. Sebanyak 169 saham menguat,128 saham melemah, dan 138 sahamstagnan.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif