Citibank Suntik USD12 Juta ke Pelita Samudera Shipping

Dian Ihsan Siregar 05 Desember 2018 19:43 WIB
emiten
Citibank Suntik USD12 Juta ke Pelita Samudera Shipping
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Jakarta: PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) meraih fasilitas pinjaman sebesar USD12 juta dari Citibank NA Indonesia dengan tenor satu tahun. Fasilitas pinjaman yang diberikan tidak mempunyai jaminan.

"Pinjaman itu terdiri dari fasilitas kredit jangka pendek sekitar USD10 juta dan fasilitas kontinjensi senilai USD2 juta. Tidak ada jaminan dari pinjaman yang didapat. Itu mencerminkan tingkat kepercayaan dan keyakinan yang tinggi dari institusi keuangan terhadap prospek bisnis perseroan," kata Direktur Pelita Samudera Shipping Harry Tjhen dalam keterangan resminya, Selasa, 5 Desember 2018.

Adapun rencana penggunaan dana pinjaman akan digunakan untuk kebutuhan pembiayaan jangka pendek. Pada Desember 2018, PSSI berencana menambah satu unit kapal tunda dan satu unit kapal induk kelas Handymax.

"Dengan tambahan armada ini, PSSI berada dalam jalur yang tepat untuk memperkuat posisinya. Ini sesuai dengan visi dan misi Perseroan menjadi penyedia logistik terbaik di kawasan Asia Tenggara," jelas Harry.

Seiring penambahan armada, perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan antara 25-30 persen di tahun depan. Adapun marjin laba bersih inti diprediksi berkisar 10-12 persen.

Oleh karena itu untuk mencapai target-target tersebut, Head of Investor Relation PSSI Adi Hartadi menambahkan perseroan akan mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) mencapai USD40 juta di 2019.

Angka itu meningkat hingga 100 persen, bila dibandingkan USD20 juta total investasi yang dianggarkan perseroan sepanjang tahun ini.

Terkait sumber pendanaan investasi, sambung Adi, perseroan menggunakan kombinasi antara kas internal dan pinjaman bank. Adapun besarannya adalah sekitar 30 persen dari kas dan 70 persen dari bank.

"Sebesar 50 persen hingga 60 persen dana investasi tahun depan akan dipakai untuk pembelian kapal induk. Antara 30-40 persen untuk membeli kapal Mother Vessel (MV) kelas Handymax. Sedangkan sisanya untuk maintenance," tukas Adi.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id