Ilustrasi (MI/Himanda Amrullah)
Ilustrasi (MI/Himanda Amrullah)

Rupiah Diprediksi Terus Bertahan di Zona Hijau

Ekonomi kurs rupiah
Annisa ayu artanti • 10 Januari 2019 08:48
Jakarta: Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) berpotensi akan bertahan hari ini. Penguatan itu didukung oleh sentimen luar negeri, termasuk masuknya arus modal ke Tanah Air yang ujungnya memperkuat gerak nilai tukar rupiah agar tidak mudah terhempas ke zona merah.
 
Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada memprediksi pergerakan rupiah hari ini berada di kisaran Rp14.110 sampai Rp14.123 per USD. Pergerakan rupiah yang menguat ini akan terus bertahan karena kondisi yang cukup mendukung dan minimnya sentimen negatif.
 
"Kondisi ini dapat kembali bertahan jika sentimen yang ada cukup kondusif untuk rupiah kembali mengalami kenaikan," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara mengenai penguatan rupiah pada perdagangan kemarin, Reza menyebutkan, pergerakan itu di luar perkiraan. Penguatan rupiah tersebut didukung oleh pergerakan nilai tukar Eropa (EUR). Adanya sinyal kekalahan dari Perdana Menteri Inggris Theresia May di parlemen dalam membahas Brexit membuat EUR meningkat.
 
"Laju EUR mengalami kenaikan setelah merespons kondisi di Inggris terkait dengan Brexit," jelas dia.
 
Di sisi lain, penguatan rupiah juga terbantukan dengan terapresiasinya nilai mata uang Tiongkok (CNY) yang berimbas pada sejumlah mata uang Asia lainnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif